Mengobati Dengan Kertas Bertuliskan Doa Yg Dimasukkan Kedalam Air Minum

Aqidah, 20 Februari 2008

Pertanyaan:

Ustadz, saya ingin bertanya. Apa hukumnya mengobati dengan air minum yang dimasuki kertas bertuliskan do'a atau ayat Al-Quran? Mohon jawaban Ustadz karena saya seringkali menyaksikan yang demikian.



-- Abdul Malik (Lamongan)

Jawaban:

Bahwa Al Quran dan do'a itu sebagai sarana pengobatan yang sangat efektif, semestinya menjadi suatu hal yang bersifat aksiomatis dalam Islam (seharusnya diketahui oleh setiap muslim), karena Al-Quran telah menegaskan hal tersebut beberapa kali dengan cara yang sangat jelas. Allah berfirman:

"Dan kami turunkan dari Al Quran suatu yang menjadi penawar/penyembuh dan rahmat bagi orang-orang yang beriman " (QS. 17:82)

"Katakanlah: "Al-Quran itu adalah petunjuk dan penawar/penyembuh bagi orang-orang mukmin" (QS. 41:44 ).

Bagaimana caranya ?

Yang pasti, yang direkomendasikan Rasulullah saw ialah dengan cara membacakan ayat-ayat atau do'a tersebut didekatnya yang sakit.

Bagaimana jika ayat atau do'a tersebut dituliskan kedalam secarik kertas lalu dimasukkan kedalam air putih untuk diminumkan?

Diriwayatkan dari beberapa ulama salaf, bahwa mereka melakukan dan merekomendasikan cara tersebut. Diantara mereka yang membolehkan itu ialah Imam Ahmad bin Hanbal, Ibnu Taimiyah dan Ibnu Qoyyim.



-- Agung Cahyadi, MA