Ragu-Ragu Soal Mandi Wajib

Thaharah, 27 Juli 2012

Pertanyaan:

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh, Ustad.

Saya seorang remaja yang masih sekolah. Akhir-akhir ini, saya sering membaca tentang tata cara mandi wajib / setelah haid. Bila harus bertanya langsung (pada orang terdekat sekali pun), saya malu. Saya bingung, karena di internet ini, banyak jawaban yang berbeda-beda. Bukannya tidak percaya. Ada yang harus begini dan begitu, ada yang cukup dengan niat dan mengalirkan air ke seluruh tubuh. Selama ini, saya memakai cara yang kedua. Namun, saya sering ragu-ragu apakah itu diterima atau tidak, sudah ke seluruh tubuh atau belum sampai pada yang sangat detail. Saya sangat bingung. Jadi, saya ingin memastikan, apakah SAH mandi wajib hanya dengan niat dan membersihkan seluruh tubuh?

Saya juga mau bertanya, apakah mandi wajib haid tata caranya sama dengan mandi wajib lain? Karena, beberapa waktu lalu saya pernah (maaf) melihat hal yang tak pantas sampai (mungkin) keluar mani, namun, saya sudah bertekad dengan kuat untuk tidak mengulangi perbuatan haram itu lagi selama-lamanya.

Saya sering cemas karena masalah sepele ini, namun saya sulitkan sendiri karena salah satu penyebabnya adalah saya sangat pemalu. Apalagi, saya sudah pernah salah.

Sekian pertanyaan saya kali ini. Semoga Ustad dapat membantu saya menemukan solusi masalah ini dengan ikhlas. Terima kasih banyak sebelumnya.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sasya (nama samaran)

-- Sasya (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Untuk mandi besar, baik karena berhubungan suami istri, mengeluarkan spirma dengan atau tidak sengaja atau karena berakhirnya haidh atau nifas, caranya sama, yaitu dengan dua cara.

Yang pertama ( syarat minimal ) yang sudah dianggap sah secara syar'i, yaitu : dengan niat bersuci karena Allah ( cukup dalam hati ), kemudian membasuh seluruh anggota badan dengan air yang suci 

Yang kedua ( cara ideal ) sesuai sunnah : 1. niat  2. membasuh kedua telapak tangan  3. membasuh/membersihkan kelamin  4. berwudhu  5. menyiramkan air keseluruh anggota badan, diawali dari kepala, sisi kanan kemudian kiri dan kemudian keseluruh tubuh 6, menggosok-gosok anggota badan dengan tangan

Wallahu a'lam bishshawab

Wassalamu 'alaikum wrwb

 



-- Agung Cahyadi, MA