Ragu Ada Bau Kentut Atau Tidak

Thaharah, 25 Februari 2013

Pertanyaan:

Akhir-akhir ini saya sering merasa was-was buang angin atau tidak, dan meskipun saya sudah tahu hadis Rasulullah tentang hal tersebut saya masih ragu setiap akan solat, apakah ada bau atau tidak? Alhasil di setiap solat saya sering berhenti sejenak untuk memastikan adanya bau atau tidak, dan meskipun saya akhirnya memutuskan untuk menyelesaikan solat saya, setelahnya saya masih dihantui keraguan: Tadi solat saya sah atau tidak ya? Bagaimana menurut ustadz? Apakah itu juga termasuk godaan setan? Apa solat saya sah? Karena jujur, gara-gara hal ini saya jadi agak berat untuk melaksanakan solat.

-- Renna (Bandung)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Waswas itu adalah sebuah penyakit yang sering dimanfaatkan oleh setan atau memang ia adalah gangguan setan, oleh karenanyalah kita diperintahkan untuk berlindung kepada Allah dari waswas tersebut ( QS. 114 : 1-6 )

Sementara ragu-ragu, prasangka itu tidak menimbulkan hukum baru ( QS. 10 : 36 )

Untuk itu, selama tidak pasti batal, tidak perlu ragu-ragu ( dengan mencari-cari untuk memastika adanya bau kentut ), karenanya apabila datang waswas, pastikan tidak terjadi apa-apa dan lanjutkan sholat

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

 



-- Agung Cahyadi, MA