MERTUA YANG BELUM SIAP PISAH DENGAN ANAK LELAKINYA

Pernikahan & Keluarga, 19 Juni 2013

Pertanyaan:

Assalamualaikum..
ustadz, mohon bantuannya.. saya bingung.. saya baru menikah 7 bulan yang lalu, selama ini saya tinggal bersama mertua saya dan 2 orang adik cewe suami saya (1 nya mengidap downsindrom disebut LALA)..
banyak hal yang saya tidak terima, dari mertua yg sering cemberut,suka marah" sama LALA,mengkritik masakan saya,mengatur wktu saya dari mencuci pakaian dll.
dan banyak hal yg saya anggap ga logis dipikiran,

sejauh ini, saya minta izin pindah rumah, karena saya sudah tidak sanggup lagi menjalani rumah tangga dgn campur adukan ibu mertua saya..bahkan dari segi kondisi keuangan, karena saya masih muda dan kami suami istri sama" bekerja.. banyak hal dri segi pengaturan uang diatur..

contohnya : bayar uang kuliah suami saya, mertua sy bilang keorg" kalau kami tidak boleh pindah krena ibumertua sy yang masih bayarin, padahal selama 7bulan ini.. saya mati"an uang gaji saya dan suami kami tabung untuk bayar kuliah yg jumlahnya ga sedikit..

Dan anehnya lagi, suami saya ga memandang saya pak ustad, ketika orang bertanya :

"kenapa ga pindah? kan ada rumah? masa ga mau hidup mandiri ? (rumah orang tua saya yg jaraknya dekat dalam kondisi kosong ga ditempati, dan org tua saya memberisaya kepercayaan untuk merawatnya)

suami saya jawab :
"ga bisa bu, uang kuliah masih ditanggung mama"

kan saya sebagai istri sakit hati pak ustad..
kenapa bisa"nya suami saya bilang begitu, padahal dia tau saya berhenti kuliah, karena gaji kami untuk biaya kuliah dia..

mohon bantuannya pak ustadz, gimana sebaiknya langkah saya sebagai istri, karena saya tidak mau membuat suami saya durhaka terhadap ibu nya & tidak bermaksud mau menjelek"kan ibu mertua saya.. karena memang itu lah selama ini yg saya rasakan...

-- HENNY HIDAYAH (Batam)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Salah satu kata kunci untuk menyelesaikan problematika dalam keluarga ialah               " KOMUNIKASI DAN SALING MEMAHAMI " 

Cobalah dengan sekuat tenaga untuk membangun kata kunci tersebut dalam rumah tangga anda, komunkasikan permasalahan anda tersebut kepada suami dengan cara yang terbaik dan pada waktu yang terbaik, fahami kalau dalam sekali, dua kali anda komunkasikan permasalahan tersebut kepada suami, tetap saja suami anda belum memahami maksud anda, uapayakan hal tersebut untuk ketiga kalinya, dan jangan lupa untuk menyertakan suami anda, mertua anda dan keluarga besar anda dalam do'a-do'a anda kepada Allah, agar Allah segera berkenan memberikan solusi terbaik bagi keluarga anda

Bersabarlah untuk melakukan itu semua, semoga Allah segera berkenan memberikan kemudahan dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wwb. 



-- Agung Cahyadi, MA