Nikah Lagi

Pernikahan & Keluarga, 3 September 2013

Pertanyaan:

Assalamualaikum,
Saya sudah nikah lebih dari 15 thn. Akhir-akhir ini istri susah diajak berhubungan intim. Baru rebah di tempat tidur langsung ngorok. Beberapa kali diajak tapi tidak bangun-bangun.
Apakah suami boleh minta nikah lagi dengan alasan perlu pelampiasan nafsunya ? Perlukah minta ijin/bilang ke istri pertama ?

Terimakasih,
Wassalamualaikum.

-- Ray (Tangerang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Poligami atau menikah lebih dari satu istri ( maksimal 4 ) adalah ajaran Islam ( QS. 4:3 ), artinya adalah hak seorang laki-laki untuk menikah lebih dari satu. Dan oleh karena poligami adalah ajaran Islam, maka untuk berpoligami harus juga mengikuti aturan Islam

Dan meskipun Islam tidak mensyaratkan ( dalam berpoligami ), seorang suami itu harus memberitahukan kepada istrinya ( yang pertama ), tetapi dalam Islam ada perintah untuk mengumumkan pernikahan, hal itu dimaksudnya untuk menghindari fitnah, artinya apabila sebuah pernikahan itu tidak diumumkan ( diam-diam ), maka berpotensi akan terjadinya fitnah, Demikian poligami, apabila seorang suami berpoligami dengan diam-diam ( tidak memberitahukan kepada istrinya ), maka juga sangat berpotensi akan terjadinya fitnah, diantaranya adalah ; pernikahan yang semestinya menjadi solusi/kedamaian, akan berpotensi menjadi problema keluarga, kejujuran yang semestinya harus menjadi karakter dasar seorang muslim, bisa berbalik menjadi ketidak jujuran atau bahkan kebohongan dan dusta ( sifat yang sangat dibenci Allah )

Oleh karenanya, apabila anda berkeinginan untuk menikah lagi, seyogyanya anda mengkomunikasikan dahulu dengan istri anda dan juga kepada keluarga anda yang lain, agar tidak menjadi masalah dikemudian hari

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA