Calon Suami Mualaf Tidak Mau Khitan

Pernikahan & Keluarga, 25 September 2013

Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustad

saya mau bertanya, calon suami saya adalah WNA dan dia sudah mempelajari islam sejak 3 tahun yang lalu. pada Ramadan kemarin dia baru menjadi mualaf. tetapi ketika saya bertanya mengenai khitan dia menolak dengan alasan tidak setuju dengan khitan karena dia membaca ada beberapa hadist yang mengatakan bahwa khitan tidak diwajibkan.dan dia juga tidak ingin anak nya nanti langsung dikhitan kecuali sang anak yang menginginkan.

apa yang harus saya lakukan ustadz? apakah membiarkan saja atau tetap menyuruhnya berkhitan? apabila dia tetap tidak mau apakah saya harus meninggalkan dia?

mohon jawaban ustad, terima kasih.

wassalam.

-- Isni (Bandung)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Dalam Islam disepakati oleh para ulama' mujtahidun, bahwa khitan bagi laki-laki hukumnya adalah wajib

Dan khusus perihal calon suami, jangan pernah berspekulasi dalam menentukan calon, dalam arti jangan pernah anda memilih calon suami yang belum pasti keislamannya ( yaitu yang mau menerima ajaran Islam secara utuh ), dengan mengatakan " ah .. gampanglah nanti, kalau sudah jadi suami saya, saya akan ajari aturan-aturan Islam )

Demikian, semoga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan, dan semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA