Mengenai Tuyul

Aqidah, 4 Februari 2014

Pertanyaan:

Assalamualaikum.
Ustadz, di lingkungan saya sedang ramai orang kehilangan uang dirumah. Dan yang mengalami orang-orang yang tempat tinggalnya berdekatan. Kemudian muncul isu tuyul dan babi ngepet. Karena ada beberapa orang yang mendengar ketika dini hari ada suara kerincing, temasuk saya pun pernah mendengar.
Bagaimana cara menghindari hal ini, alhamdulillah saya tidak mgalaminya, tapi saya ingin memberi masukan yang syar'i agar para tetangga tidak khawatir.

-- Khairatu Masusan (Depok)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Makhluq ghoib berupa jin itu adalah benar adanya, dan ia Allah berikan kemampuan untuk menampakkan dirinya dihadapan manusia, bukan dalam bentuk aslinya tetapi dalam bentuk makhluq hidup ( bisa berupa hewan atau manusia ), dan ketika dia berubah dalam bentuk makhluq, maka akan mengambil hukumnya ( bisa makan, bisa mencuri, bisa mati dan sebagainya )

Dan untuk bisa menghindar dari kejahatannya, maka hanya dengan meminta perlindungan kepada Allah saja, dengan cara meluruskan iman, menyempurnakan ibadah dan menjalan sunnah nabi-Nya ( membaca suroh Al baqoroh di rumah kita, menutup dan membuka pintu rumah, pintu almari dengan membaca basmalah dan membaca dzikir-dzikir sunnah yang diajarkan Rasulullah pada setiap momentum/ mau tidur, mau masuk rumah, keluar rumah, mau makan dan minum, mau masuk kamar kecil dan lain-lain)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

-- Agung Cahyadi, MA