Apakah Dosa Terus Mengalir?

Lain-lain, 1 Juni 2017

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Saya ingin bertanya dan meminta solusi

Bagiamana perempuan yg punya pacar dan berzina secara berulang-ulang dan pasangan mempunyai foto-foto aib dirinya. Suatu ketika perempuan ini meminta putus karena sadar perbuatan dosa yg selama ini diperbuat dan hal tersebut merupakan perbuatan hina. Akan tetapi pasangannya menolak untuk putus, dan dia mengancam akan menyebarkan aib tersebut di kalangan keluarga perempuan, teman-teman dan bahkan mengunggah ke sosial media.

Pertanyaan

Apakah berdosa bila melakukan perbuatan maksiat secara terpaksa?

Bagaimana bila sang perempuan bertekad untuk putus karena Allah, bertaubat, dan memperbaiki diri sedangkan aibnya tersebar dimana-mana dan dilihat oleh orang banyak? Apakah perempuan itu berdosa karena dosanya mengalir terus dikarenakan oleh foto tersebut?

Apabila perempuan itu tidak putus maka dia akan melakukannya secara terus menerus meski dipaksa oleh pasangann. Namun, disisi lain aib dia tidak dibuka. Sedangkan sebagai muslim kita harus menutupi aib sendiri maupun aib orang lain dan melindungi kehormatan sendiri maupun orang lain. Bagaimana seharusnya?

Apakah perempuan itu mendapatkan siksa dan adzab kubur meski sudah bertaubat dikarenakan foto-foto aib tersebut yang beredar di dunia maya?

Terimakasih atas jawabannya yang bermanfaat bagi orang lain

 

 



-- Ara (Tarakan)

Jawaban:

Wassalamualaikum wr. wb, Saudari Ara yang dirahmati ALLAH

Yang terbaik adalah semangat bertobatnya dipertahankan, putuskan hubungan. Ingat zina termasuk dosa besar. Sampai RasuluLLAH saw mengatakan bahwa tidaklah seseorang berzina ketika ada iman di hatinya.

Jika ancaman itu dilakukan dengan menyebarkan fhoto, dia juga yang akan merasakannya. dan si wanita tidak ikut menanggungdosanya karena ia sudah tobat. Kemungkinan besar itu gertak sambal saja. Bertobatlah pada ALLAH dan hendaknya minta bantuan kepada ALLAH agar mendapat bantuan-NYA.

Hendaknya tertanam rasa takut pada ALLAH SWT,bagaimana kalau ALLAH mencabut nyawanya ketika sedang berzina. Pasti suuul khotimah.

WaLLAHU a'lam



-- Selamet Junaidi