Jalan Keluar

Lain-lain, 15 Februari 2021

Pertanyaan:

Assalamu alaikum ustad mau tanya saya ingin tahu kisah nabi saat di hina/dikatakan  gila dan bagaimana caranya bersabar dan tidak peduli  terhadap ejekan soalnya saya sering di ejek dengan sebutan  gila oleh anak kecil dan saya sakit hati dan leher bagian belakang saya sakit. saya minta nasehat dan solusi ustad apa yg harus saya lakukan atas  kejadian ini 



-- Ali Mukti (Surabaya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Agar Anda bisa bersabar dalam menghadapi ejekan dari orang lain, ada beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan:

  1. Ingatlah besarnya pahala orang yang bersabar. Agar beratnya rasa sakit ejekan itu terasa ringan atau bahkan tidak teras.Pahalanya tidak terhitung. Allah berfirman:

إِنَّمَا يُوَفَّى الصَّابِرُونَ أَجْرَهُمْ بِغَيْرِ حِسَابٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersabar itu akan dipenuhi pahala mereka dengan tiada hitungannya.” (Az Zumar: 10)

 

مَا عِنْدَكُمْ يَنْفَدُ وَمَا عِنْدَ اللّٰهِ بَاقٍۗ وَلَنَجْزِيَنَّ الَّذِيْنَ صَبَرُوْٓا اَجْرَهُمْ بِاَحْسَنِ مَا كَانُوْا يَعْمَلُوْنَ

Apa yang ada di sisimu akan lenyap, dan apa yang ada di sisi Allah adalah kekal. Dan Kami pasti akan memberi balasan kepada orang yang sabar dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.( QS. an-Nahl:96)

  1. Abaikan celaan dan ejekan manusia, ejekan manusia tidak ada artinya selama Allah mencintai hambanya. Tinggalkan mereka yang mencela Anda, ikuti cara Rasulullah saw saat menerima ejekan dari kaumnya. Beliau tidak ambil peduli. Beliu melakukan itu atas dasar perintah Allah.


وَاصْبِرْ عَلَى مَا يَقُولُونَ وَاهْجُرْهُمْ هَجْراً جَمِيلاً

“Dan bersabarlah (Muhammad) terhadap apa yang mereka katakan dan tinggalkanlah mereka dengan cara yang baik.” (QS. Al-Muzzamil: 10)

  1. Sadarilah bahwa bisa jadi orang yang diejek lebih baik dari orang yang mengejek.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا يَسْخَرْ قَوْمٌ مِنْ قَوْمٍ عَسَى أَنْ يَكُونُوا خَيْرًا مِنْهُمْ وَلَا نِسَاءٌ مِنْ نِسَاءٍ عَسَى أَنْ يَكُنَّ خَيْرًا مِنْهُنَّ

Hai orang-orang yang beriman, janganlah sekumpulan orang laki-laki merendahkan kumpulan yang lain, boleh jadi yang ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jadi yang direndahkan itu lebih baik.” (QS. Al Hujurat: 11)

Itulah beberapa saran semoga bermanfaat. Semoga Anda lebih bisa bersabar menghadapi ejekan dan celakaan dari orang lain. Baik dari anak kecil maupun dari orang dewasa. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc