Hukum Membaca Buku-buku Yang Umum

Lain-lain, 14 April 2021

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Ustadz, saya ingin bertanya. Bolehkah kita membaca buku-buku yang umum? Adakah ketentuan dalam hukum Islam untuk memilih buku? Bagaimana jika kita membaca buku yang ternyata isinya ada yang bertentangan dengan Islam, apakah kita cukup untuk mengambil yang baik isinya dan membuang yang buruk ?



-- Mohammad Rafatta Umar (Jakarta Selatan)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatulllahi wabarakatuhu.

Buku adalah kumpulan ilmu dan informasi, dari buku kita bisa belajar banyak ilmu dan mendapatkan informasi dari penulisnya. Ketika kita membaca buku maka kita seperti berguru dan menimba ilmu serta seperti menerima informasi dari penulisnya.

Buku umum atau buku agama boleh dibaca semuanya. Karena Islam tidak membedakan ilmu umum atau ilmu agama. Semua ilmu adalah ilmu Allah

Buku ada yang berisi ilmu yang bermanfaat dan ada yang yang tidak bermanfaat, karena itu tidak semua buku layak dibaca. Untuk memilih buku yang baik ada beberapa cara:

  1. Kenali penulisnya.

Dengan mengenali penulisnya maka kita akan mengenali keilmuannya. Baca biografinya yang tertera di buku itu. Biografi akan  menjelaskan siapa dia dan kepantasannya menulis tema yang dibawakan dalan buku itu. Baca pula pendapat orang dan masyarakat pada penulis itu. Jika biografinya dan komentar orang tentang dirinya baik maka penulis itu layak dibaca bukunya.

  1. Kenali penerbitnya.

Penerbit buku biasanya selektif dalam memilih penulis dan buku yang akan diterbitkannya. Jika penerbit itu dikenal sebagai penerbit buku-buku bermutu dari penulis-penulis yang baik, maka buku itu layak untuk dibaca.

  1. Baca daftar isi buku.

Daftar isi cukup menggambarkan isi keseluruhan buku melalui daftar bab dan tema. Terkadang judul buku cukup menarik, agar tidak tertipu dengan judul yang manarik,maka harus dibuktikan dengan membaca daftar isinya.

  1. Bacalah synopsisnya.

Synopsis sebuah buku menggamabarkan secara umum isi keseluruhan buku dan hal yang menjadi catatan penting dalam buku itu. Synopsis buku biasanya ditulis pada sampul bagian belakang. Ada juga sinopsis yang ditulis oleh orang lain yang disampaikan dalam beragam media.

Jika keempat hal diatas Anda nilai baik, maka Anda bisa menjadikannya salah satu buku pilihan yang layak Anda baca.

Jika Anda mendapati dalam sebuah buku ada kebaikan maka ambillah dan jika Anda mendapati sesuatu yang tidak baik maka abaikanlah.

Wallahu a’lam bishowab.(as)



-- Amin Syukroni, Lc