Tukar Tambah Cincin Kawin

Lain-lain, 19 April 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Mau tanya, cincin kawin saya ini kebesaran, karena dg model polos yg ada ukurannya besar, awalnya cincin ini di jadikan mahar, krn sekian gram yg ada ukuran besar, jd kita ambil. Apabila saya menemukan cincin yg model sama dan berat sama tp ukuran lebih kecil, apa boleh ditukar ya ? Sedangkan utk tukar, harga turun sekian %, dan saya siap tambah uang agar sesuai dg berat sebelumnya. Terima kasih



-- Rizqi Alvianti Rahajeng (Jember)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarkatuhu.

Cincin emas jika mau ditukar dengan cincin emas yang lain harus terpenuhi dua syarat, agar tidak terjatuh pada riba, dua syarat itu adalah:

  1. Dilakukan dengan tunai, penukaran dilakukan secara langsung tanpa penundaan waktu.
  2. Jumlah dan timbangannya harus sama meskipun kwalitasnya berbeda. Jika cincin emas yang akan ditukar ukurannnya lima gram, maka cincin penggantinya juga harus lima gram, meskipun kadar karat keduanya berbeda. Rasulullah bersabda:

الذَّهَبُ بِالذَّهَبِ وَالْفِضَّةُ بِالْفِضَّةِ وَالْبُرُّ بِالْبُرِّ وَالشَّعِيرُ بِالشَّعِيرِ وَالتَّمْرُ بِالتَّمْرِ وَالْمِلْحُ بِالْمِلْحِ مِثْلاً بِمِثْلٍ يَدًا بِيَدٍ فَمَنْ زَادَ أَوِ اسْتَزَادَ فَقَدْ أَرْبَى الآخِذُ وَالْمُعْطِى فِيهِ سَوَاءٌ

Jika emas dijual dengan emas, perak dijual dengan perak, gandum dijual dengan gandum, sya’ir (salah satu jenis gandum) dijual dengan sya’ir, kurma dijual dengan kurma, dan garam dijual dengan garam, maka jumlah (takaran atau timbangan) harus sama dan dibayar kontan (tunai). Barangsiapa menambah atau meminta tambahan, maka ia telah berbuat riba. Orang yang mengambil tambahan tersebut dan orang yang memberinya sama-sama berada dalam dosa.” (HR. Muslim)

Untuk menghindari adanya riba pada transaksi tukar menukar cincin itu maka sebaiknya anda jual cincin anda kemudian anda beli cincin baru yang sesuai dengan keinginan anda. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc