Bagaimana Cara Meminta Maaf Atas Dosa Bocah Tanpa Harus Menyakiti Hati Orang Tersebut,dan Apakah Sol

Lain-lain, 24 April 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz🙏 sayah mau bertanya ,sayah perempuan,dulu sayah perna menggibahi orang/temen saya sendiri,dan sayah tau hal tersebut termasuk dosa besar😫,dan sayah menyesal dalam perbuatan tersebut,dan sekarang sayah sudah hijrah dan taubat,tapu sayah masih takut akan dosa bocah tersebut ,terus sayah melihat vidio dengan dosa bocah ,yaitu harus meminta maaf kepada orang yg bersangkutan,lalu sayah memikir bagaimana cara sayah meminta maaf kepada orang tersebut karna kelakuan sayah tersebut dulu:),dan sayah ingin meminta maaf tanpa harus menyakiti perasaan orang tersebut,dan apakah ALLAH SWT masih menerima tobat sayah ,/dzikir sayah ? Sekian ustadz Terimakasih,mohon maaf jika ada kesalahan dalam mengetik :) Wa'alaikumsalam wr wb.



-- Febri (Probolinggo)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Imam Nawawi dalam kitab riyadhussholihin menyampaikan bahwa bertaubat dari dosa yang terkait dengan dosa kepada sesama manusia ada empat syaratnya:

  1. Menyesali dosa yang pernah dilakukan
  2. Melepaskan dosa yang pernah dilakukan
  3. Bertekat kuat tidak akan melakukannya lagi
  4. Mengembalikan barang yang diambil,menggantii barang yang dirusak dan memberi kesempatan untuk membalas serta meminta dihalalkan atau dimaafkan.

Dosa yang anda lakukan kepada teman anda adalah dosa ghibah,maka meminta maaf adalah syarat jika anda ingin membersihkan kesalahan dari teman anda.

Jika anda benar-benar ingin meminta maaf maka anda harus siap jika dia akan marah kepada anda,meskipun belum tentu dia marah, itukan baru dugaan anda, bisa jadi dia akan dengan senang hati memaafkan anda. Abaikan saja bayangan bahwa dia akan marah jika anda terus terang meminta maaf kepadanya. Jangan berburuk sangka kepadanya, sebaiknya anda berbaik sangka bahwa dia akan memaafkan anda, berbaik sangka inilah yang akan meringankan anda untuk meminta maaf kepadanya. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc