Istri Selalu Minta Pisah Saat Bertengkar

Lain-lain, 30 April 2021

Pertanyaan:

assalamu'alaikum warahmatullahi.wb ustd, saya ibu satu anak rumah tangga saya selalu ada perdebatan yg tiada hentinya sampai saya hampir sllu mnta pisah kalau brtngkar kemarin pertengkaran hebat membuat saya dan suami saya stju dngn satu syarat anak ikut suami jujur saya tidak sanggup kalau harus pisah dngn anak saya yg baru berumur 3tahun dan msih minum air susu saya..pertanyaan saya apakah masih sah pernikahan saya dngn suami saya menurut agama karena kedua belah pihak SMA" Sling menyadari dan mau memperbaiki ?? Terima kasih jika ustd Kenan membantu wassalamu'alaikum warahmatullahi.wb



-- Ika (Jawa Timur)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.         

Persetujuan anda dan suami anda untuk bercerai dengan syarat, menjadikan perceraian itu tidak jatuh secara otomatis dengan adanya kesepakatan itu. Perceraian akan terjadi jika syarat dilaksanakan. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah anda menyepakati syarat yang diajukan dan anda sudah melaksaakan syarat tersebut atau belum? Jika anda sepakat dan sudah melaksanakan kesepakatan itu maka jatuhlah satu talak. Jika anda ingin kembali hidup bersama lagi, maka anda bisa rujuk. Jika anda dan suami ingin rujuk dimasa iddah, maka cukuplah suami anda mengucapkan kata-kata rujuk, dan jika anda dan suami rujuk setelah lewat masa iddah maka rujuk dilakukan dengan pernikahan baru.

Jika anda tidak sepakat dan anda belum melaksanakan kesepakatan itu maka tidak jatuh talak. Status pernikahan anda masih sah. Wallu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc