Pengalihan Uang Sumbangan

Lain-lain, 3 Mei 2021

Pertanyaan:

Saya pimpinan salah satu diniyah di tempat kami, kebetulan sedang membangun aula /tempat kegiatan taklim, di saat sedang pengecoran, ada teman yang nyumbang yg tdk mau disebutkan namanya, dengan tujuan minta dibelikan Alquran, apakah boleh kita gunakan uang tersebut utk dana pembangunan, sementara ketersediaan Alquran kami sudah cukup banyak...mohon penjelasannya.



-- Adieb (Praya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Seseorang harus memegang amanah yang diberikan dan dipercayakan kepadanya. Allah berfirman:


اِنَّ اللّٰهَ يَاۡمُرُكُمۡ اَنۡ تُؤَدُّوا الۡاَمٰنٰتِ اِلٰٓى اَهۡلِهَا ۙ وَاِذَا حَكَمۡتُمۡ بَيۡنَ النَّاسِ اَنۡ تَحۡكُمُوۡا بِالۡعَدۡلِ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ نِعِمَّا يَعِظُكُمۡ بِهٖ‌ ؕ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ سَمِيۡعًۢا بَصِيۡرًا‏

Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat. (QS. Annisa: 58)

Tidak mengerjakan amanah termasuk salah satu tanda munafik. Rasulullah saw bersabda:

آيَةُ الْمُنَافِقِ ثَلاَثٌ وَإِنْ صَامَ وَصَلَّى وَزَعَمَ أَنَّهُ مُسْلِمٌ

Tanda munafik itu ada tiga, walaupun orang tersebut puasa dan mengerjakan shalat, lalu ia mengklaim dirinya muslim.” (HR. Muslim )

Terkait dengan pertanyaan yang anda sampaikan maka bisa dijawab bahwa anda tidak boleh mengalihkan uang  pembelian Al Quran ke dana pembangunan. Jika anda terlanjur mengunakanny maka anda harus menggantinya.

Jika uang tersebut belum anda pakai dan anda ingin mengalihkannya ke pembangunan maka anda harus meminta ijin terlebih dahulu. Jika tidak maka haram hukumnya mengalihkan uang tersebut diluar yang dia inginkan. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc