Status Pernikahan

Lain-lain, 24 Mei 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustad 

Pada tahun 2016 usia pernikahan kami yang menginjak 3 tahun, ada masalah hukum agama yang ditetapkan kepada kami, bahwa ternyata pernikahan kami kemungkinan harus berakhir. Maaf sebelumnya tidak bisa menceritakan apa masalahnya.

Di saat itu kami disuruh untuk berpisah karena ada salah satu pemuka agama di daerah saya yang bilang bahwa pernikahan kami tidak sah karena satu masalah, itu membuat kami benar-benar merasa down dan stres ditambah lagi sudah memiliki anak berumur 2 tahun.

Nah sampai akhirnya saya bersama mertua mencari informasi di tempat adik ipar mondok di Kediri, akhirnya kami pun mendapatkan solusi atas pernikahan kami yang dinilai masih sah secara agama maupun hukum. Di situ kami merasa lega.

Tapi baru beberapa hari ini suami cerita kalau ternyata sebelum kami menemukan solusi/hukum atas masalah yang lalu, dengan situasi yang saat itu kami sama-sama down, stres dan galau tidak ingin terjadi perpisahan ternyata suami pernah berucap "talak 3 dan bertemu di pengadilan....." Yang sampai saat ini pun saya tidak ingat suami pernah berucap seperti itu.

Mohon pencerahan serta nasehatnya Ustadz, bagaimana status pernikahan kami jika ada ucapan dari suami seperti itu? Walaupun kami sangat tidak ingin adanya perpisahan. 

Terima kasih 

Alhamdulillah jazakallahu khoiro

 

 

 

 

 



-- Santi (Kota Jakarta Selatan)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Mohon maaf, kami tidak bisa memberikan jawaban karena ketidak jelasan perkara yang disampaikan dan sensitifnya masalah. Kami menyarankan anda pergi ke KUA untuk berkonsultasi dengan petugas disana, sehingga akan mendapatkan kejelasan hukum, baik secara agama maupun negara. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc