Apakah Lata, Manat Dan Uzza Dianggap Tuhan Oleh Kafir Quraisy

Lain-lain, 31 Mei 2021

Pertanyaan:

assalamualaikum ustad mau tanya apakah sesembahan yang di sembah kaum qurais sebelum nabi di utus yang mereka sembah tersebut , mereka kaum qurais menganggap sesembahan tersebut adalah tuhan selain  alloh maksudnya mereka meyakini bahwa ada tuhan selain alloh seperti : lata , manat dan uzza , ataukah mereka hanya menjadikan sesembahan tersebut perantara untuk menyembah kepada alloh   seperti yang termaktub di dalam surat azzumar ayat 3 yang artinya begini : kami tidak menyembah patung patung itu melainkan patung patung tersebut sebagai sarana perantara untuk mendekat kepada alloh sedekat dekatnya , pertanyaan saya adalah apakah mereka meyakini ada tuhan selain alloh , ataukah mereka meyakini tuhan itu hanya alloh saja , dan kenapa orang orang qurais menyembah  berdoa dan meminta kepada patung patung tersebut jikalau tuhan yang benar itu adalah satu yaitu alloh 



-- Ali Mukti (Surabaya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Apa yang disembah orang Quraisy seperti Latta dan Uzza adalah tuhan selain Allah. Mereka memberikan ibadah kepadanya. Dan di waktu yang sama mereka juga menjadikan Allah sebagai tuhan mereka. Allah berfirman:

وَاتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اٰلِهَةً لَّا يَخْلُقُوْنَ شَيْـًٔا وَّهُمْ يُخْلَقُوْنَ وَلَا يَمْلِكُوْنَ لِاَنْفُسِهِمْ ضَرًّا وَّلَا نَفْعًا وَّلَا يَمْلِكُوْنَ مَوْتًا وَّلَا حَيٰوةً وَّلَا نُشُوْرًا

Namun mereka mengambil tuhan-tuhan selain Dia (untuk disembah), padahal mereka (tuhan-tuhan itu) tidak menciptakan apa pun, bahkan mereka sendiri diciptakan dan tidak kuasa untuk (menolak) bahaya terhadap dirinya dan tidak dapat (mendatangkan) manfaat serta tidak kuasa mematikan, menghidupkan dan tidak (pula) membangkitkan. (QS. Al furqan:3)

Adapun perkataan orang Quraisy yang mengatakan bahwa Latta dan Uzza hanya dijadikan sebagai perantara untuk mendekatkan diri kepada Allah, hanyalah klaim mereka dan pengakuan mereka saja. Tapi hakekat perilaku mereka yang menjadikan latta dan uzza sebagai perantara adalah bentuk menuhankan latta dan uzza. Dan menjadikannya sebagai perantara merupakan bentuk peribadakatan mereka kepadanya.

Allah menghendaki ibadah yang murni hanya diberikan kepadaNya saja. Allah tidak mau disekutukan dengan yang lain. Sebagaimana firmanNya:

 
اَلَا لِلّٰهِ الدِّيْنُ الْخَالِصُ ۗوَالَّذِيْنَ اتَّخَذُوْا مِنْ دُوْنِهٖٓ اَوْلِيَاۤءَۘ مَا نَعْبُدُهُمْ اِلَّا لِيُقَرِّبُوْنَآ اِلَى اللّٰهِ زُلْفٰىۗ اِنَّ اللّٰهَ يَحْكُمُ بَيْنَهُمْ فِيْ مَا هُمْ فِيْهِ يَخْتَلِفُوْنَ ەۗ اِنَّ اللّٰهَ لَا يَهْدِيْ مَنْ هُوَ كٰذِبٌ كَفَّارٌ

Ingatlah! Hanya milik Allah agama yang murni (dari syirik). Dan orang-orang yang mengambil pelindung selain Dia (berkata), “Kami tidak menyembah mereka melainkan (berharap) agar mereka mendekatkan kami kepada Allah dengan sedekat-dekatnya.” Sungguh, Allah akan memberi putusan di antara mereka tentang apa yang mereka perselisihkan. Sungguh, Allah tidak memberi petunjuk kepada pendusta dan orang yang sangat ingkar. (QS. Azzumar:3)

Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa orang Quraisy meyakini adanya tuhan selain Allah. Latta dan uzza adalah sebagian dari tuhan yang disembah selain Allah. Wallahu alam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc