Penyelesaian Masalah Waris

Waris, 6 Juni 2021

Pertanyaan:

1. Setelah bapak meninggal, ibu mendengar kabar bahwa bapak memiliki istri lain, tetapi bapak tidak memberitahu keluarga bahwa beliau memiliki istri lain. Bagaimana dengan hak waris istri ke 2 dan anak2 nya? 

2. apakah waris bisa ditukar guling untuk memudahkan pembagian?
kasus:

A.Warisan yang diwariskan adalah beberapa bidang tanah yang ukuran nya cukup luas, boleh tidak mengkonversi nilai rupiah tanah tersebut kemudian dibagi berdasarkan prosentase nilai rupiah tanah tersebut agar lebih mudah dibagi (ukuran tanah bisa berbeda karena letak posisi tanah tiap lahan berbeda)?

B. Ibu memiliki seluas tanah (dihitung berapa harganya) hadiah dari bapak kemudian ibu ingin menukar dengan beberapa rumah waris (yang nilainya sama dengan nilai hadiah ibu) dengan maksud mempermudah pembagian?



-- Astrid (Bandung)

Jawaban:

 

Assalaamu 'alaikum wrwb.

1), Seseorang itu bisa menjadi ahli watris yang berhak untuk menerima harta warisan, disebabkan karena ada hubungan kekerabatan dan karena hubungan pernikahan yang sah

Berdasarkan hal tersebut, maka ketika bapak anda meninggal, maka istrinya, baik istri yang pertama dengan semua anak2nya dan juga istri yang kedua dengan semua anak2nya sama sama menjadi ahli waris dari almarhum bapak anda, dan bagian untuk kedua istrinya adalah 1/8 dari harta waris bapak anda ( 1/8 tersebut dibagi dua untuk mereka berdua)

2). Harta waris yang berupa tanah bisa saja ditukar guling dengan diperhitungkan harga dari tanah tersebut (untuk poin A sama dengan poin B)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA