Nikah Siri Tanpa Wali


Pertanyaan:

saya seorang pria mau menikah sama janda yg berbeda umur jauh lebih tua dari saya jika nikah siri tanpa wali atau sepengetahuan keluarga apakah bisa    

mohon penjelasannya



-- Syamsul Bahri (Lombok Timur)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikium wrwb.

Di antara semua ulama imam mazhab, hanya madzab Hanafi saja yang membolehkan janda menikahkan diri sendiri dengan laki-laki yang akan menjadi suaminya. Selain itu, nyaris seluruh ulama sepakat bahwa menikah tanpa wali itu bukan nikah bahkan zina. Banyak dalil yang menguatkan apa yang telah menjadi pendapat jumhur ulama ini. Di antaranya:

Dari Aisyah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Siapa pun wanita yang menikah tanpa izin dari walinya, maka nikahnya batil." (HR Arbaah kecuali An-Nasa'i- Abu Uwanah, Ibnu Hibban dan Al-Hakim menshahihkannya)

Selain itu juga ada hadits lainnya berikut ini:

Dari Abi Hurairah ra berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Janganlah seorang wanita menikahkan wanita lainnya. Dan jangalah seorang wanita menikahkan dirinya sendiri." (HR Ibnu Majah dan Ad-Daruquthuni dengan rijal yang tsiqat)

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka insya Allah pendapat mayoritas Ulama yang menetapkan wali sebagai rukun nikah adalah pendapat yang benar, yang karenanya seyogyanya anda mengurungkan niat anda untuk menikah janda tersebut, kecuali dengan seizin walinya yang sah

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA