KOnsul Pembagian Warisan

Waris, 14 Juni 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz,.izin bertanya dan mohon pencerahannya,

Kakek dan nenek saya sudah meninggal lama, dan meninggalkan 5 org anak,.beliau mewariskan 1 bidan tanah dan rumah,. kemudian beberapa tahun setelahnya anak pertama meninggal meninggalkan 1 istri dan 3 anak,.setelah itu beberapa tahun kemudian anak ke dua meninggal dan meninggalkan 1 suami dan 4 orang anak,.anak kakek saya yg masih hidup tinggal 3 orang,.kondisinya adalah tumah warisan yg ditinggalkan oleh kakek saya itu di kontrakkan tahunan,.jadi setiap tahun akan menerima uang hasil kontrakan dan akan di bagikan kepada 5 org anak tsb,. bagaimana hak waris dari menantu dan cucu2 yg ditinggalkan oleh anak pertama dan kedua?terima kasih,.wass

 



-- Yadi (Jakarta Selatan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

1). Tanah dan rumah warisan dari kaket anda tersebut adalah hak ahli waris kakek anda yaitu 5 orang anaknya, dengan cara pembagian 2:1 (anak laki2 mendapatkan 2 bagian dan anak perempuan mendapatkan 1 bagian)

2). Ketika anak pertama meninggal, maka asetnya + bagian warisan dari bapaknya (kakek anda) adalah harta waris bagi ahli warisnya, yaitu :

    > Istri = 1/8

    > 3 Anaknya = Sisa warisan yaitu 7/8 ( dengan pembagian 2:1)

3). Ketika anak kedua meninggal, maka asetnya + warisan dari bapaknya adalah harta warisan bagi ahli warisnya yaitu :

    > Suami = 1/4

    > 4 Anak = Sisa warisan yaitu 3/4 (dengan pembagian 2:1)

Berdasarnya hal tersebut diatas, maka hasil kotrakkan rumah tersebut harus dibagi kepada semua ahliwaris sesuai dengan jatah masing masing ( 3 anak kakek yang masih hidup + istri dari anak pertama dan 3 anaknya + suami dari anak kedua dan 4 anaknya)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA