Pisah Rumah Sudah 3 Bulan

Lain-lain, 23 Juni 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum.

Perkenalkan saya tika, saya sudah menikah 7 thn lamanya. Namun sejak bulan maret saya sudah pisah rumah dgn suami dikarenakan waktu bln maret saya terkena covid dan isolasi drmh orgtua saya. Selama saya sakit suami tdk pernah sekalipun datang menjenguk dan malah WA saya di block. Tetapi setelah 14hri saya isolasi tiba2 dia menghubungi saya kembali. Dan ketika saya minta dia untuk menjemput saya secara baik2 dan bertemu dengan orgtua saya dia selalu tidak mau. Dan sekarang dia lebih memilih menceraikan saya drpda harus menjemput saya secara baik2. Apa yang harus saya lalukan untuk menghadapi sikap suami saya tersebut?dan di dalam agama bagaimana hukumnnya? Mohon jawaban dan solusinya.

 

Terima kasih



-- Sartika (Bekasi)

Jawaban:

waalaikum salaam wrwb.

Bu Sartika maaf ini persoalan sepele kok jadi mau cerai? jangan sampai terjadi. Tolong komunikasikan dengan lebih lembut penuh cinta dan kerinduan. Kalau satu pihak bersikap dingin maka pihak satunya harus lebih romantis. Keluarga itu saling menyayangi, saling menghormati bahkan ada yang siap mengalah demi menjaga kerukunan keluarga. Termasuk Anda bisa mengalah bisa pulang sendiri tanpa dijemput karena suami mungkin sedang ada persoalan sampai tidak mau menjemput Anda? Kok sampai memilih cerai daripada menjemput Anda dan bertemu mertuany? 

Saya sarankan Anda mengalah dan balik sendiri sambil minta maaf kepada suami bila ada hal yang menyakiti hatinya. Hal ini Anda lakukan untuk menjaga keutuhan keluarga .

WaLLAHU a'lam

Semoga ALLAH SWT menjaga keharmonisan keluarga ANda.

Wassalaamu 'alaikum wrwb



-- Selamet Junaidi