Harta Waris

Waris, 25 Juli 2021

Pertanyaan:

Assalamualikum pak ustad, saya mau tanya. Saya bersaudara 4 orang, perempuan 3 dan laki2  satu. Org tua dan kakek nenek kami sdh meninggal semua. Th 2015 adik saya yg bungsu (wanita) menikah dg seorang duda beranak 2. Sayang perkawinan mrk tdk panjang. Tgl 16 juli 2021 lalu adik saya tsb meninggal dunia dan mrk tdk dikaruniai anak. Yg ingin sy tanyakan adalah siapa saja yg berhak mendapatkan warisan dr adik sy tsb berikut hitungannya. Trimakasih pak ustad. Wassalamualaikum wrwb.

Nb.Adik saya tsb adalah seorang guru/pns.



-- Rini (Jakarta Utara)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ketika adik anda yang sudah tidak bersuami lagi dan tidak dikaruniai anak tersebut meninggal, maka ahli warisnya adalah semua saudara kandungnya, baik yang laki laki ataupun yang perempuan (2 perempuan dan 1 laki-laki, dengan cara pembagian 2:1 (saudara laki laki mendapatkan 2 bagian dan 2 saudari perempuan, masing-masing mendapatkan 1 bagian)

Jadi harta warisan dari saudari perempuan anda yang meninggal tersebut dibagi menjadi 4 bagian, Yang laki-laki mendapatkan 2 bagian, dan yang perempuan, masing masing mendapatkan 1 bagian

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA