Mimpi

Lain-lain, 28 Juli 2021

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum...

Saya pernah mimpi tentang ada suara yg menanyakan"apakah kamu percaya allah?", lalu terdengar suara seperti menjawab "tidak" dan seolah olah seperti saya yg mengatakan nya. Apakah saya termasuk orang yg ditarik iman nya oleh allah swt? Apakah saya termasuk orang yg kafir?

Mohon solusi nya



-- Aji Muhammad Ezrinal Aziz (Malinau)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Mimpi yang dialami seseorang tidak selalau punya arti negative atau positif, bisa jadi mimpi itu hanya sekedar bunga tidur dan tidak berarti apa-apa. Terkait mimpi, Rasulullah saw menjelaskan bahwa mimpi itu tiga macam, sebagaimana sabdanya:

الرؤيا ثلاث حديث النفس وتخويف الشيطان وبشرى من الله

Mimpi itu ada tiga macam: bisikan hati, ditakuti setan, dan kabar gembira dari Allah.” (HR. Bukhari)

Mimpi itu ada tiga macam:

  1. Bisikan hati atau suara hati. Mimpi seperti ini terjadi akibat dari buah pikiran yang sedang berkecamuk di dalam pikiran seseorang. Ketika seseorang dihantui pikiran, maka pikiran itu terbawa sampai mimpi. Atau ketika seseorang sebelum tidur melihat sesuatu atau melakukan sesuatu yang mengesankan.apa yang dia lihat dan rasakan itu terbawa sampai ke mimpi.
  2. Mimpi akibat godaan setan. Mimpi ini terjadi karena adanya godaan setan kepada seseorang. Untuk menghindari mimpi seperti itu, maka Islam mengajarkan untuk berdoa dan berdzikir sebelum tidur.
  3. Mimpi sebagai isyarat kabar gembira dari Allah swt. Karena ini kabar gembira maka isi mimpi itu sesuatu hal yang menggembirakan.

Terkait mimpi yang anda alami, tidak serta merta bisa diartikan bahwa iman anda ditarik dan karenanya anda menjadi kafir. Dialog yang terjadi hanyalah mimpi, dan apa yang terjadi dalam mimpi tidak membawa akibat apapun. Orang yang bermimpi shalat tidak mendapat pahala karena mimpinya itu, demikian pula ketika seseorang mimpi berbuat maksiat,maka dia tidak berdosa karenanya. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc