Mas Kawin

Lain-lain, 17 Agustus 2021

Pertanyaan:

Cincin kawin saya mau saya jual. Mau saya tukar dengan yang baru. Itu gram nya harus sma atau tidak ya? Contoh 4 gram cincin emas di tukar dengan 4 gram cincin emas jg. Atau bisa dengan hasil uang yg di dpat dr cincin 4 gram itu dan ngga harus 4 gram

Terimakasih



-- Leni (Bandung Barat)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Cincin kawin dan mahar yang telah diberikan kepada anda adalah milik penuh anda. Karena dia milik penuh anda maka anda bisa memperlakukannya sesuai dengan keinginan anda. Bisa anda jual, bisa anda tukar, bisa anda tukar tambah, dan bahkan bisa anda berikan kepada suami. Memberi mahar hukumnya wajib. Allah berfirman:

وَاٰتُوا النِّسَاۤءَ صَدُقٰتِهِنَّ نِحْلَةً ۗ فَاِنْ طِبْنَ لَكُمْ عَنْ شَيْءٍ مِّنْهُ نَفْسًا فَكُلُوْهُ هَنِيْۤـًٔا مَّرِيْۤـًٔا

Dan berikanlah maskawin (mahar) kepada perempuan (yang kamu nikahi) sebagai pemberian yang penuh kerelaan. Kemudian, jika mereka menyerahkan kepada kamu sebagian dari (maskawin) itu dengan senang hati, maka terimalah dan nikmatilah pemberian itu dengan senang hati.(QS. An Nisa:4)

Karena cincin kawin dan mahar diberikan pada momentum istimewa, seringkali orang menganggapnya tidak boleh diapa-apakan. Menjadi barang kenangan dan menjadi barang sakral, padahal tidak demikian seharusnya. Karena itu anda boleh menjualnya dan menukarnya dengan kadar yang serupa, kadar yang lebih besar atau kurang dari kadar semula. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc