Jual Beli Barang Serupa Dengan Harga Yang Berbeda

Fiqih Muamalah, 4 September 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum, saya mau bertanya. Apakah boleh melakukan jual beli barang serupa dengan harga berbeda. Misal A menjual baju batik secara offline dan online. Ketika berjualan offline di toko harga baju batik tersebut Rp 50.000, Namun ketika menjual offline disalah satu marketplace baju batik tersebut dijual dengan harga Rp 53.000. Ada perbedaan harga Rp 3.000, sebab ada biaya admin yang harus ditanggung oleh A ketika berjualan online di salah satu marketplace. Sebenarnya tanpa menaikkan harga A tidak mengalami kerugian namun keuntungannya sangat sedikit hampir tidak mendapat keuntukan karena biaya admin tersebut. Lalu bagaimana hukum dari Jual beli yang dilakukan oleh A? Apakah diperbolehkan atau didilang dalam Islam?

Terima kasih



-- Bunga (Mojokerto)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Jual beli dalam Islam termasuk dalam kategori fiqih muamalat yang hukum asalnya adalah diperbolehkan, kecuali mengandung salah satu dari 6 unsur berikut :

1. Ada penipuan (ghoror)

2. Ada pendzoliman (dzulm)

3. Ada ketidak jelasan (jahalah)

4. Ada riba (riba)

5. Ada gambling (maisir)

6. Barang yang dijual belikan haram

Dan apa yang anda tanyakan tersebut tidak masuk dalam salah satu dari 6 unsur diatas, sehingga jual anda in syaa Allah hukumnya adalah halal

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bisbhshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb,



-- Agung Cahyadi, MA