Menulis Bahasa Arab

Lain-lain, 23 September 2021

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh, saya ingin bertanya ustadz, saya beberapa waktu lalu menulis suatu hadits di buku tulis saya, lalu saat saya menulis tulisan 'Shallalahu 'alaihi wassallam' dalam bahasa arab, saya terus saja mengulangi tulisan tersebut dan menggunakan label kertas untuk mengoreksi tulisan saya, kemudian karena terlalu banyak tertimpa label, saya jadi mengupas semuanya karena ingin menggunakan satu label saja dan menuliskan kembali, kemudian label yang saya kupas tadi yang ada sebagian tulisan 'Shallalahu 'alaihi wassalam' tersebut saya gulung kecil dan saya buang ketempat sampah. Pertanyaan saya, apakah tindakan tersebut yang membuang label kecil yang berisi sebagian tulisan 'Shallalahu 'alahi wassalam' tersebut adalah dosa ustadz? 

Terima kasih, 

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh



-- Anonim (Anonim)

Jawaban:

Wa alaimum salam warahamatullahi wabarakatuhu.

Kalimat “ shallallahu alaihi wa salam “ artinya : “Semoga Allah memberikan sholawat dan salam kepadanya.” . pada kalimat tersebut ada lafadz “Allah”. Sehingga harus mendapatkan penghormatan dan tempat yang baik. jika harus membuangnya maka bisa dibakar atau dikubur/ditanam di tempat yang tidak menjadi lalu lalang orang.

Orang yang membuang lafadz tersebut di tempat sampah dengan tujuan melecehkan kalimat tersebut maka dia berdosa.

 أَبِاللَّهِ وَآيَاتِهِ وَرَسُولِهِ كُنْتُمْ تَسْتَهْزِئُونَ لَا تَعْتَذِرُوا قَدْ كَفَرْتُمْ بَعْدَ إِيمَانِكُمْ

“Apakah dengan Allah, ayat-ayatNya dan RasulNya kamu selalu berolok-olok? Tidak usah kamu minta maaf, karena kamu kafir sesudah beriman.” (QS. At-Taubah : 65- 66)

 

Tapi jika hal itu dilakukan tanpa niatan melecehkan, karena kelalaian maka hal itu termasuk perbuatan tercela atau makruh. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc