Suami Berfantasi Threesome (lk2, Dengan Saya)

Pernikahan & Keluarga, 14 November 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum

Mohon maaf mengirimkan email di dini hari, karena saya gelisah tidak bisa tidur berpikir masalah ini.

Saya dengan suami sdh menikh selama 18th, dikaruniai 4 anak. Sesekali kami menjalani tempat tinggal terpisah (LDR), karena saya sedang studi lanjut di luar kota atau suami pindah dinas ke tempat baru. Akan tetapi kondisi ini tidak permanen. 

Saat dalam kondisi LDR, suami sering bahkan hampir selalu ingin dipenuhi hasrat seksualnya dengan chat mesum/seks dengan saya. Dimana isi chat adalah fantasinya bahwa saya sedang berhubungan badan dengannya dan dengan laki2 lain juga (threesome). Dengan begitu dia cepat orgasme. Ada juga 1 fantasi lainnya, yaitu dia memasukkan P dari anus saya. Dalam kenyataannya 2 fantasi tsb pernah dia coba utk lakukan. Pernah mengundang org asing sepeeti tukang pijat pria utk memijat saya, dalam kondisi saya baru pulang dari luar kota. Saya dirayu dll agar mau menuruti keinginannya. Tukang pijat pria ini sudah dikontak dan disiapkan olehnya. Terkait hub anal peenah juga dia lakuakn, walaupun saya kesakitan dan minta utk segera diakhiri.

Diluar 2 hal tsb suami saya adalah suami yang baik.

Bagaimana hukumnya terkait hal diatas? Apakah suami saya berdosa? Apakah sikap terbaik yg hrs saya berikan sebagai istri. Karena saya sebenarnya tidak mau dan tertekan dan jiwa saya tidak terima dengan perlakuannya tsb.



-- Ummu Arkan (Banyuwangi)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarkatuhu.

Kebutuhan sex adalah kebutuhan semua makhluk hidup. Allah mengatur urusan ini dengan jelas dan tegas. Jika tidak diatur dan tidak diberi batasan maka akan liar tanpa batas melebihi keliaran binatang. Beberapa penyebab keliaran manusia dalam sex antara lain:

  1. Maraknya pornografi.
  2. Hasrat manusia untuk mencoba yang baru.
  3. Hawa nafsu yang diperturutkan.
  4. Minimnya ilmu agama.

Hukum berhubungan badan dengan memasukkan penis ke dubur adalah haram. Allah berfirman:

نِسَاۤؤُكُمْ حَرْثٌ لَّكُمْ ۖ فَأْتُوْا حَرْثَكُمْ اَنّٰى شِئْتُمْ ۖ وَقَدِّمُوْا لِاَنْفُسِكُمْ ۗ وَاتَّقُوا اللّٰهَ وَاعْلَمُوْٓا اَنَّكُمْ مُّلٰقُوْهُ ۗ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِيْنَ

Istri-istrimu adalah ladang bagimu, maka datangilah ladangmu itu kapan saja dan dengan cara yang kamu sukai. Dan utamakanlah (yang baik) untuk dirimu. Bertakwalah kepada Allah dan ketahuilah bahwa kamu (kelak) akan menemui-Nya. Dan sampaikanlah kabar gembira kepada orang yang beriman (QS. Al Baqarah:223)

Ayat diatas memberikan gambaran bahwa istri ibarat ladang tempat bercocok tanam. Tujuan dari bercocok tanam itu adalah menghasilkan tumbuhan yang berbuah. Istri yang digauli harus di tempat yang menghasilkan buah yaitu vagina bukan dubur,k arena dubur tidak menghasilkan buah. Vagina adalah tempat yang disiapkan untuk “bercocok tanam” bukan di tempat lain.

Dan ayat diatas juga mengingatkan bahwa semua manusia akan menemui Tuhannya dan akan mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Rasulullah bersabda:

مَلْعُوْنٌ مَنْ أَتَى امْرَأَةً فِيْ دُبُوْرِهَا

“Dilaknat, orang yang mendatangi perempuan pada duburnya.” (HR. Abu Dawud dan An-Nasaa’i)

Dilaknat artinya dijauhkan dari kasih sayang Allah. Suami istri yang melakukan hal itu tidak mendapatkan rahmat dan kasih sayang serta ketenangan berkeluarga, justru yang didapat laknat dan kegalauan hidup.

Hukum melakukan hubungan sex treesome di alam nyata. Satu istri/perempuan dengan dua laki-laki adalah haram.

Adapun terkait dengan fantasi sex. Para ulama berbeda pendapat mengenai hukumnya, ada yang membolehkan dan ada yang melarang. Tapi untuk kehati-hatian dalam mengambil sikap hukum maka memilih yang melarang itu lebih baik.

Untuk mencegah timbulnya fantasi sex yang berlebihan maka beberapa hal berikut bisa dicoba untuk dilakukan:

  1. Dalami ilmu agama. Agama mengatur kehidupan manusia sehingga dia berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Dia tercipta dengan sebaik-baik ciptaan. Karena itu perilakunya juga harus sebaik-baik ciptaan.

Manusia dibekali akal, bukan insting seperti binatang. Dengan akalnya manusia bisa membedakan mana yang baik dan tidak, mana yang pantas dan tidak. Karena itu manusia harus mampu mengendalikan nafsunya dan mengekangnya dengan kekang agama. Rasulullah saw bersabda:”tidak beriman kalian, sampai hawa nafsunya tunduk dengan apa yang aku bawa,(yaitu Risalah agama).”

Dengan agama manusia mampu memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Termasuk dalam masalah hubungan sex.

  1. Hindari hal yang memancing berfantasi liar dan berlebihan. Manusia berfantasi karena adanya pengalaman masa lalu yang pernah dilihat, dirasakan dan dibaca. Jika hal itu terjadi sekali saja, kemungkinan pengalaman masa lalu itu tidak berdampak berlebihan. Tetapi jika hal itu berulang, maka akan berdampak pada tindakan dialam nyata yang itu bisa menyakiti pasangannya. Hal itu bisa berakibat buruk pada pasangan pada fisik dan mentalnya
  2. Takutlah akan akibatnya. Setiap penyelewengan akan berakibat negatif. Karena itu menggali dan mencari tahu dampak negatif sebuah tindakan akan menahan untuk melakukannya. Jika orang tahu akibat buruk dari sodomi maka dia akan menghindari.
  3. Berteman dengan komunitas yang baik. komunitas maya maupun nyata. Karena seseorang itu dipengarui oleh temannya dan orang yang selalu bersamanya. berteman dengan orang-orang jahat akan terpengaruh dengan kejahatan, bergaul dengan pemalas akan menjadi malas. Bergaul dengan maniak sex akan menjadi seperti itu .
  4. Jadikan aktifitas hubungan suami istri sebagai ibadah bukan pemuas syahwat semata. Karena menyadari hal itu sebagai ibadah maka adab dan etika berhubungan suami istri akan disesuaikan dengan syariat Allah yang maha suci.

Jadikan hal-hal diatas sebagai kajian dan diskusi antara suami dan istri. jika bisa diusahakan untuk tidak LDR maka akan sangat baik bagi anda dan suami. Demikian yang bisa disampaikan. wallahu alam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc