Pembagian Waris

Waris, 18 Desember 2021

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, izin menanyakan waris, saya 3 bersaudara. Ibu kandung meninggal 2005, Bapak menikah lagi dengan ibu sambung tanpa anak. Bapak meninggal november 2014. Kemudian Kakak ke-1 meninggal desember 2014. Kakak ke-2 meninggal maret 2019. Ibu sambung masih ada sampai sekarang. Bapak meninggalkan Rumah dan Tanah. Rumah sudah kami bagi waris tahun 2018. Tanah rencana akan saya jual. Siapa saja yang memperoleh waris dan berapa bagian.



-- Winarto (Jakarta)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Pembagian waris dari apa yang anda tanyakan, mestinya dilakukan tiga kali ;

1) Ketika Ibu meninggal, maka seluruh aset ibu (setelah dikurang hutang dan wasiat, jika ada) adalah harta warisab ibu yang harus dibagi kepada selkuruh ahki warisnhya sebagai berikut :

~ Suami  = 1/4

~ 3 Anak  = Sisa warisan yaitu 3/4 (dibagi untuk tiga 0rang anak secara merata, jika semua anak-anaknya laki-laki)

 

2) Ketika Bapak meninggalsemua asetnya + warisan dari almarhumah istrinya adalah harta warisaannya yang harus debagi kepada ahli warisnya sebagai berikut :

~ Istri    = 1/8

~ 3 anaknya = Sisa warisan yaitu 7/8

 

3) Ketika Kakak ke-1 meninggal, maka semua setnya + warisan dari ibunya + warisan dari Bapaknya adalah harta warisan untuk ahli warisnya (istrinya, anak-amaknya dan 2 saudaranya kalau anak2 almarhum adalah perempuan semuanya)

4) Ketika kakak ke-2 meninggal, maka semua asetnya + warisan dari ibu dan bapaknya adlah harta warisan bagiahli warisnya (istri, anak-anaknya dan saudaranya) kalau anak almarhum perempuan semuanya

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.

 

 



-- Agung Cahyadi, MA