Pertanyaan Mengenai Talak Dengan Kalimat Dengan Tujuan Menjelaskan

Pernikahan & Keluarga, 9 Januari 2022

Pertanyaan:

Asaalamualaikum  Warrahmatullahi wabarakatuh

ijin bertanya, saya mentalaq istri saya dengan ucapan seperti ini

"saya cerai" kemudian saya bangun dari duduk dan mengeluarkan kata " sekarang kita cerai" dengan tujuan untuk menjelaskan bahwa kita dalam keadaan cerai, apakah hal tersebut talak 2? 

terima kasih 

jazakallahu khoir



-- Maulana (Sidoarjo)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Pada masalah yang anda tanyakan, ada dua ucapan atau kalimat yang anda sampaikan dengan niat yang berbeda. Ucapan pertama:”saya cerai” dengan niat talak. Kemudian diikuti dengan kalimat kedua:”sekarang kita cerai” dengan niat memberi penjelasan kepada istri, bahwa anda dan dia berstatus cerai.

Karena dua ucapan yang disampaikan berbeda niat, maka hukum keduanya juga berbeda. Dengan ucapan pertama jatuh talak satu. Adapun ucapan kedua tidak jatuh talak, karena niatnya adalah memberi penjelasan. Hukum suatu amal tergantung pada niatnya. Rasulullah saw bersabda:

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ِ

Dari Umar, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan " (HR. Bukhari)

Demikian yang bisa disampaikan dan terimakasih. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc