Tata Cara Pembagian Warisan Dan Hukum Pembagian Yang Tidak Sesuai Syariat Yang Dishodaqohkan Ke Cucu

Waris, 17 Januari 2022

Pertanyaan:

Assalammu'alaykum ustadz.

Nenek saya sudah meninggal dan mewarisi sebuah rumah. Hari ini rumah terjual 130 juta. Beliau memiliki 6 orang anak (3 anak laki-laki dan 3 anak perempuan) yg masih hidup 3 perempuan dan 2 laki-laki. Bagaimana cara pembagian sesuai syariat? Jazakumullohu khoyron.

Qodarulloh, hari ini dibagi rata untuk 6 orang anak, tapi anak laki2 yg sudah wafat diwakili anaknya (dg dalih sesuai wasiat orang tua mereka)

Bagaimana hukum shodaqoh dari harta pembagian yg tidak sesuai syariat tsb? Karena ibu saya memberi 1 juta dari bagiannya untuk saya.

 



-- Zaimun Asnawi Sabiq (Metro)

Jawaban:

Wa'laikumussalaam wrwb.

Ketika Nenek anda meninggal, maka harta warisannya harus dibagikan kepada yang berhak yaitu ahli warisnya yang masih hidup, yaitu (sebagaimana anda sebutkan): 5 anaknya (3 perempuan dan 2 laki laki), dengan cara pembagian 2:1 (anak laki-laki, masing-masing mengambil 2 bagian, dan perempuan, masing-masing mengambil 1 bagian)

Adapun anak laki-laki yang sudah meninggal sebelum meninggalnya nenek, tidak mendapatkan bagian karena sudah bukan ahli waris lagi, demikian juga anak-anaknya, karena masih ada pamannya yang masih hidup yang menghalanginya.

Adapun shodaqoh yang anda terima dari ibu, insyaa Allah halal, karena tidak semua harta ibu anda itu haram

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA