Was-Was Keluar Masuk Rumah Dan Ruangan.

Aqidah, 19 Januari 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Saya ingin bertanya kepada Pak Ustadz atau Bu ustadzah. Saya Beberapa Bulan ini di hinggapi perasaan was-was, Tidak tenang. Saya selalu mengulang keluar masuk Rumah, Bahkan Ruangan. Saya ingin bertanya, Apakah masuk Rumah dengan Kaki kanan dan keluar Rumah Kaki Kiri itu Wajib hukum nya atau tidak?. Apakah jika Saya tidak melakukan nya tidak berdosa?. Soal nya Saya Sudah melakukan ini meleber hampir Ke seluruh Ruangan. Seperti masuk Kamar dengan Kaki Kanan, Demikian keluar dengan Kaki Kiri. Bahkan sampai naik Kasur dan turun Kasur pun begitu. Begitu juga masuk Dapur Saya pakai Kaki kiri, Keluar Dapur ke arah masuk Ruang Tengah pakai Kaki Kanan. Karena Saya berlebihan Sekali, Sampai Saya ulang-ulang. Saya sering ragu juga dalam beribadah seperti Shalat.

Untuk masalah keluar masuk Rumah dan Ruangan itu kalau tidak dilakukan Saya tidak akan berdosa akan hal Itu?. Saya Sampai Sering kepikiran Terus. Dan Hukum nya Apa ya?.

Maaf Sebelum nya jika Saya banyak mengajukan Pertanyaan. Maaf. Terimakasih Banyak juga. Semoga Pertanyaan Ini mendapat Jawaban. Aamiin.

Terimakasih Banyak.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



-- Khaerunnisa Nuraeni (Bogor)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Apa yang anda tanyakan perihal hukum masuk dan keluar rumah, dapur dan yang lainnya, apakah mendahulukan kaki kanan atau kiri ?, hukumnya bukanlah wajib, sehingga kalau tidak dilakukan terkena ancaman dosa, itu berkaitan dengan adab atau etika. Dan karenanya tidaklah anda perlu was-was yang berlebihan yang justru akan mengganggu.

Dan meskipun hukumnya tidak wajib, namun seyogyanya anda tetap mengikuti aturannya, agar anda tetap akan mendapatkan keutamannya

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaabWassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA