Hukum Melamar Kerja

Lain-lain, 12 Februari 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum Ustadz.

Bagaimana hukum nya melamar pekerjaan baru saat masih bekerja di suatu perusahaan. dengan tujuan mencari yg lebih baik. Apabila dilarang bagaimana caranya untuk pindah kerja ? mohon pencerahannya Jazakallah khairan.



-- Abdullah (Barito Kuala)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Dalam muamalah setiap orang terikat dengan akad dan syarat yang telah disepakati. Ketika  sesorang melamar pekerjaan. Biasanya dia telah mengetahui aturan yang akan diterapkan kepadanya selaku karyawan. Dan dia akan melakukan kontrak kerja. Jika dalam kontrak tersebut ada aturan bahwa karyawan tidak boleh keluar karena mencari pekerjaan di tempat lain yang lebih baik, maka dia tidak boleh keluar, karena dia masih terikat dengan aturan tersebut. Dan jika melanggar, maka dosa baginya, karena telah melanggar perjanjian dan syarat yang telah dibuat. Diriwayatkan dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu , Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

 وَالْمُسْلِمُوْنَ عَلَى شُُرُوْطِهِمْ إِلاَّ شَرْطًا حَرَّمَ حَلاَلاً أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا

Dan kaum Muslimin harus memenuhi syarat-syarat yang telah mereka sepakati kecuali syarat yang mengharamkan suatu yang halal atau menghalalkan suatu yang haram. (HR. Bukhari)

jika dalam kontrak yang dibuat tidak aturan yang melarang keluar, maka dia sah-sah saja keluar mencari pekerjaan yang lebih baik. wallahu a’lam bihowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc