BPJS Ketenagakerjaan

Lain-lain, 16 Februari 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh. Ustadz yg saya hormati, saya ingin bertanya bagaimana hukum bekerja di BPJS Ketenagakerjaan. Dimana salah satu programnya yaitu Jaminan Hari Tua terdapat bunga di dalamnya. Mohon penjelasannya. Terimakasih



-- Dian (Malang)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarkatuhu.

Bekerja di lembaga yang mengembangkan dan menjalankan usahanya dengan riba hukumnya haram. Rasulullah saw bersabda:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- آكِلَ الرِّبَا وَمُوكِلَهُ وَكَاتِبَهُ وَشَاهِدَيْهِ وَقَالَ هُمْ سَوَاءٌ.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melaknat pemakan riba (rentenir), penyetor riba (nasabah yang meminjam), penulis transaksi riba (sekretaris) dan dua saksi yang menyaksikan transaksi riba.” Kata beliau, “Semuanya sama dalam dosa.” (HR. Muslim)

Karena itu sebaiknya anda mencari pekerjaan lain yang bebas dari unsur riba. Seorang muslim akan ditanya Allah terkait hartanya dari dua sisi. Pertama dari sisi cara mendapatkannya. Dan kedua dari sisi cara membelanjakannya. Rasulullah bersabda:


لَا تَزُوْلُ قَدَمَا ابْنِ آدَمَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عِنْدِ رَبِّهِ حَتَى يُسْأَلَ عَنْ خَمْسٍ عَنْ عُمْرِهِ فِيْمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ شَبَابِهِ فِيْمَا أَبْلَاهُ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيْمَا أَنْفَقَهُ وَمَاذَا عَمِلَ فِيْمَا عَلِمَ

 

Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi Rabb-Nya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu) : tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan, serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya. (HR. at-Tirmidzi dan ath-Thabrani)

Demikian yang bisa disampaikan. Dan semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc