Merapihkan Alis

Lain-lain, 24 Maret 2022

Pertanyaan:

Saya ibu rumah tangga 30 th. Saya ingin bertanya, apakah boleh merapikan alis dengan mencukur bagian tertentu saja?

Karena alis saya sangat tebal & tidak berbentuk, jadi saya merasa bahwa sangat tidak rapi.

Mohon petunjuknya..



-- Vio (Surabaya)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi waarakatuhu.

Setiap orang pada dasarnya menginginkan penampilan yang menarik. Penampilan yang menarik dapat membuat orang lebih percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain. Lebih dihargai dan dihormati.

Penilaian tersebut membuat orang mengukur kepantasan dan kehormatan dari kaca mata yang ditetapkan sendiri oleh manusia, yaitu materi dan fisik. Orang yang menarik dan terhormat adalah orang yang memiliki tubuh ideal, cantik/ganteng, kaya dan memiliki jabatan sosial tinggi.

Sementara pada sisi yang lain Allah telah membuat ukuran kemuliaan manusia dilihat dari takwa dan  amal perbuatannya yang baik dan kemanfaatannya bagi orng lain. Allah swt tidak melihat fisik, tapi Allah melihat amal dan takwanya. Rasulullah saw bersabda:

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم-  إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ 

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah tidak melihat pada bentuk rupa dan harta kalian. Akan tetapi, Allah hanyalah melihat pada hati dan amalan kalian.” (HR. Muslim)

Diantara hal yang dianggap membuat seseorang lebih manarik adalah ketika memiliki bentuk alis yang rapi. Sebab itu ada sebagian orang yang mencukur habis alisnya atau mencukur sebagiannya, kemudian diganti dengan alat khusus sehingga alis menjadi lebih rapi dan lebih menarik. Perbuatan seperti itu haram hukumnya, mencukur sebagian atau keseluruhannya. Rasulullah saw bersabda:

لَعَنَ اللَّهُ الْوَاشِمَاتِ وَالْمُسْتَوْشِمَاتِ وَالنَّامِصَاتِ وَالْمُتَنَمِّصَاتِ

Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta ditato. Allah pula melaknat orang yang mencabut rambut wajah (alis) dan yang meminta dicabut.(HR. Muslim )

Karena itu sebaiknya anda tidak mencukur alis dengan alasan agar lebih rapi. Ciptaan Allah pasti yang terbaik. Bisa jadi dibalik ciptaan alis anda yang seperti sekarang menjadi kebaikan untuk anda sekarang atau dimasa mendatang. Wallahu a’lam bishowab (as)



-- Amin Syukroni, Lc