Hukum Mengucapkan Sumpah Pada Diri Sendiri

Aqidah, 7 April 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum.

Ustadz, saya ingin bertanya. Apakah hukumnya mengucapkan sumpah kepada diri sendiri sebagai bentuk komitmen yang kuat kepada diri kita. Contohnya mengucapkan "Saya bersumpah pada diri saya sendiri bahwa saya akan menjadi orang yang disiplin". Karena saya membaca beberapa artikel bahwa tidak boleh mengucapkan sumpah selain nama Allah.

Namun, dalam konteks saya ini tidak mengucapkan nama Allah atau nama lain selain Allah, karena langsung ditujukan kepada diri sendiri. Karena kalau hanya mengucapkan "saya berjanji pada diri sendiri" terasa kurang kuat komitmennya.

Mohon penjelasannya Ustadz.

Terima kasih.



-- Hamba Allah (Bogor)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb,

Bersumpah bagi seorang muslim bukanlah masalah yang sederhana, ia berkaitan dengan keimanannya. Oleh karenanya, seorang Muslim dilarang dan haram untuk bersumpah dengan menyebut selain nama Allah karena bersumpah dengan sesuatu itu menunjukkan keagungan sesuatu itu. Padahal, keagungan itu hanyalah milik Allah. Dalam hadits Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam yang artinya : “Janganlah kalian bersumpah dengan nama ayah-ayah kalian, barang siapa ingin bersumpah maka bersumpahlah dengan menyebut nama Allah SWT.” (HR Bukhari).

Dalam riwayat lain disebutkan, Rasulullah saw bersabda: “Barang siapa ingin bersumpah maka janganlah bersumpah kecuali dengan menyebut nama Allah.” Dan, kaum Quraisy biasa bersumpah dengan menyebut nama ayah-ayah mereka, maka Nabipun bersabda : “Janganlah kalian bersumpah dengan menyebut nama ayah-ayah kalian.” (HR Bukhari dan Muslim)

Berdasarkan hal tersebut diatas, maka kalau lafadz yang anda pakai dalam upaya untuk berkomitmen itu adalah kata "sumpah", seyogyanya anda menyebut nama Allah, hal itu berbeda kalau anda hanya ingin berjanji, maka tidak ada keharusan menyebut nama Allah

Demikian, semoga Allah berkenann untuk memberikan kemudfahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb. 



-- Agung Cahyadi, MA