Terpijak Buku Yang Terdapat Perkataan Allah

Lain-lain, 29 April 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum uztaz. Saya berdiri kemudian saya tidak sengaja terpijak buku tulis yang berada di bawah bantal. Dalam buku tulis tersebut terdapat perkataan Allah Swt. Adakah saya dikira berdosa kerana tidak sengaja memijak buku yg terdapat perkataan Allah di dalamnya? Saya sumpah tidak sengaja



-- Andi (Padang)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Allah memaafkan tindakan salah yang dilakukan secara tidak sengaja. Rasulullah bersabda:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا، أَنَّ رَسُولَ اللهِ ﷺ قَال: «إِنَّ اللهَ تَجَاوَزَ لِي عَنْ أُمَّتِي: الخَطَأَ وَالنِّسْيَانَ وَمَا اسْتُكْرِهُوا عَلَيْهِ» حَدِيْثٌ حَسَنٌ رَوَاهُ ابْنُ مَاجَهْ وَالبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُمَا.

Dari Ibnu ‘Abbas radhiyallahu ‘anhuma bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah memaafkan umatku ketika ia tidak sengaja, lupa, dan dipaksa.” (HR. Ibnu Majah dan Al-Baihaqi).

Selama apa yang anda lakukan itu tidak sengaja dilakukan, maka Allah pasti memaafkan. Sesuatu yang tidak disengaja itu di luar kemampuan orang untuk mengendalikannya. Dan Allah tidak membebani manusia diluar kemampuannya. Allah berfirman:

لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا لَهَا مَا كَسَبَتْ وَعَلَيْهَا مَا اكْتَسَبَتْ رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Ia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan ia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Orang-orang beriman berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah”” (QS. Al Baqarah: 286)

Demikian yang bisa disampaikan. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc