Ucapan Mencontohkan Talak

Pernikahan & Keluarga, 29 April 2022

Pertanyaan:

Bismillah bagaimana kalau seorang istri meminta suami mencontohkan ucapan cerai  pada saat kejadian dulu terus karena istri ragu karena istri ingin benar ngak ucapan itu yang ada di pikiran istrisuami berkata ini ya dek ucapan abang dulu suami akhirnya  mencontohkan tapi ucapan nya sharih dan itu sama yang ada di pikiran saya karena saya takut ucapan itu berdampak sebelum nya saya tanya sama suami,abang ada niat ngak, ngak ada katanya dia pun ngak di tujukan kesaya dan suami bukan mau main main atau serius hanya mencontohkan menguatkan ucapan dulu katanya,



-- Nopita (Bangka Belitung)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Amalan seseorang itu dinilai dari niatnya. Berpahala atau tidaknya ditentukan juga oleh niatnya. Sah dan batalnya juga ditentukan oleh niatnya. Bernilai ibadah atau tidak juga ditentukan oleh niatnya. Rasulullah saw bersabda:

عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى ِ

Dari Umar, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; " (HR. Bukhari)

Terkait kalimat talak yang diucapkan dengan niat untuk contoh, tidak menyebabkan jatuhnya  talak. wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc