Peralihan Hak Asuh Anak Laki Ke Ayah

Fiqih Muamalah, 9 Mei 2022

Pertanyaan:

Bismillah, saya sudah bercerai dgn istri kurang lebih 1 tahun, ini mengenai hak asuh anak laki saya umur 5 tahun, saya ingin menggugat hak asuh di karenakan ibunya kurang baik dalam mendidik anak, di tambah lingkungannya yg org tuanya adalah mantan preman suami dan istri, saya mencemaskan psikologis dan tumbuh kembangnya, dikarenakan lingkungan keluarga sering berkata kasar sehingga anak saya suka meniru dam istri pun sering berkata kasar kepada saya di depan anak bahkan kalau marah sering merusak perabot rumah. apakah saya bs menggugat hak asuh anak laki saya?dan berapakah estimasi biaya jika saya hrs menyewa pengacara? maaf kondisi saya juga sedang dalam kesulitan keuangan. karena saya sangat mengharapkan anak saya mnjadi anak yg soleh dan terjaga lahir batin nya.



-- Edwin Gunadi (Bekasi)

Jawaban:

Assalaamu 'alaikum wrwb.

Hak asuh anak/hadhanah yang belum baligh dalam Islam memang milik Ibu, kecuali kalau sudah baligh, maka anak mempunyai hak pilih; memilih untuk ikut ibunya atau bapaknya.

Tetapi dalam kondisi sebagaimana anda sampaikan, bahwa ibu dan lingkungannya tidak kondusif bagi perkembangan anak, maka bapak bisa menggungat ke Pengadilan

Adapun perihal tehnis dan biayanya, anda bisa berkonsultasi dulu ke Pengadilan

Demikian, semoga Allah berkenann untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA