Konsutasi Nazar Saya

Fiqih Muamalah, 11 Mei 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustad perkenalkan nama saya issa bella saya izin bertanya ustad. Ustad saya terlanjur bernazar tidak akan minum kopi panas dan dingin,  tidak akan minum segala jenis minuman yang sifatnya dingin serta tidak akan makan segala macam jenis MIE.  

Alasan saya bernazar seperti di atas karena takut akan memperburuk kesehatan saya. Yang ingin saya tanyakan adalah :

 

1. Apakah selamanya sampai mati saya tidak akan bisa dan tidak boleh minum minuman dan makan makanan yang sudah saya nazarkan di atas? 

2. Apakah jenis nazar berdasarkan kasus saya? 

3. Apakah nazar saya tidak bisa dicabut? 

4. Apakah saya diberi kebebasan untuk boleh tidak melaksanakan nazar saya ?

5.Apakah saya diberi kebebasan untuk tidak wajib membayar kafarat jika nazar saya menurut ustad termasuk jenis nazar mubah? 

 

Mohon informasinya ustad.  Terima kasih 

 



-- Issa Bella (Jember)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Secara global Nadzar dibagi menjadi dua :

1). Nadzar Lajjaj, ialah nadzar yang bertujuan untuk memotivasi seseorang agar melakukan suatu hal, atau mencegah seseorang melakukan suatu hal, atau meyakinkan kebenaran sebuah kabar yang disampaikan oleh seseorang. 

2). Ndzar Tabarrur, ialah ndzar untuk menyanggupi akan melakukan suatu ibadah (qurbah) tanpa menggantungkannya pada suatu hal, atau menggantungkannya dengan suatu hal yang diharapkan (marghub fih). Nazar tabarrur ini juga dikenal dengan nama nazar mujazah.


Berkaitan dengan nadzar anda, insya Allah termasuk nadzar lajjaj, yang hukumnya boleh dibatalkan apabila ada kemaslahatan, dengan ketentuan membayar kafaroh, yaitu memberikan makanan atau pakaian kepada 10 orang miskin, atau kalau tidak, dengan berpuasa 3 hari (QS.5:89)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA