Dititipkan Barang Oleh Nenek

Waris, 13 Juni 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum Admin Saya Mau bertanya. kira kira 2 tahun yang lalu, nenek saya pernah menitipkan kepada saya sejumlah emas dan uang tunai. nenek saya masih memiliki anak. Namun, amanat atau pesan nenek saya adalah: "nenek nitip ini sama kamu, tolong disimpan. Uang dan emas. Untuk kebutuhan nenek. Untuk beli obat kalau nenek sakit, atau biaya nenek jika nenek meninggal nanti. 

Karena nenek tidak ada harta lain lagi (sebab uang penjualan rumah, sudah di bawa salah satu anaknya). Kalau kamu mau pake uang tunai nya buat jajan atau keperluan boleh pake dr situ aja. 

ini ada 4 cincin nenek, salah satunya nenek mohon jgn digunakan untuk apa apa kecuali kebutuhan nenek sakit atau meninggal, karena 1 ini pemberian anak nene yg skrg udh meninggal

Pesen nenek, anak anak nenek, termasuk ibu kamu jangan ada yg tau sama sekali. Pokoknya jgn sampe ada yg tau, karena nenek simpan ini ga ada yg tau. Bisa yaa kamu simpenin. 

Sekali lagi nene pesen jgn sampe anak anak nene ada yg tau, karena nanti jadi bahan rebutan mereka. Nene cuma percaya sama nisa ya nak, tolongin nene ya nak. Ini kan nene lg sakit, ada yg kerja di sini rawatin nene, nene ga percaya, takut dia macem macem buka lemari nene"

 

Nenek saya berpesan demikian, karena nene saya tau sifat anak anaknya yg tamak akan harta. 

Anak ny tidak ada yg mengurus, hanya ibu saya dan saya saja yg mau. 

Nenek saya tinggal dirumah org tua saya bersama saya jg ustad. 

Saya masih ingat betul kata kata nenek saya.

Saya meng iyakan. Dan sampai saat ini memang hanya saya dan suami saya saja yg tau. 

Kemudian nenek saya wafat 4 hari yg lalu. 

Saya sangat bingung ustad, bagaimana nasib barang dan uang yg di titipkan kepada saya? 

Amanat jgn ada anak yg tau sama sekali, dan uang tunai untuk biaya meninggal. 

Sedangkan biaya meninggal sudah di urus oleh anak anaknya ( menggunakan uang nenek saya hasil penjualan rumah yg di bawa salah satu anak tsb) 

Lalu saya harus bagaimana ustad? 

Saya sangat bingung sekali, saya tidak berani bilang ke anak anak karena ada amanat pesan jgn ada yg tau anak anaknya samasekali. Kalau nene meninggal

Gunakan aja uang tunai untuk biaya nene meninggal, dan sisa emasnya simpan sama saya. 

Saya sangat takut, sejak di titipkan pun saya tidak berani menggunakannya 1 peser pun. Selalu saya jaga dengan baik sampai saat ini.

saya tdk mau salah dlm melangkah, apa yg skrg saya harus lakukan? 



-- Hamba (Banten)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Ketika seseorang meninggal, maka secara otomatis secara hukum Islam semua harta miliknya menjadi milik ahli warisnya

Berdasarkan hal tersebut, maka wasiat nenek anda kepada anda itu gugur secara hukum, yang karenanya apabila anda tetap menyimpannya, maka berarti anda menyimpan harta ahli waris dari nenek anda tersebut

Oleh karena itu, maka anda berkewajiban untuk segera menyerahkan semua harta titipan nenek tersebut kepada ahli warisnya agar segera dibagi secara hukum Islam

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab'

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA