Was Was Perkataan

Aqidah, 13 Juni 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum wr.wb Ustadz... izin bertanya lagi. Zaman sekarang kan kata ( mohon maaf ) "fuck" inikan populer ya, Biasa diucapkan ketika seseorang sedang marah atau hal lain yang punya makna / arti seperti : sial, brengs*k dan lainnya. 

Jadi waktu itu Ustadz saya kan sedang berbicara sama seseorang tentang sebuah keputusan sesuatu, kemudian ketika dirumah saya berbicara kepada diri saya sendiri " Masa dia ngomong begitu sih... F*ck" kurang lebih seperti ini.

Saya tahu kalau saya berdosa karena berkata kasar, namun setelah itu saya gak tau kenapa malah jadi was was seolah olah kalau saya menuduh orang itu karena ketika saya searching arti kata tersebut ialah singkatan yang katanya digunakan zaman dahulu untuk melakukan hubungan badan. Padahal saya ketika berbicara itu bukan untuk menghina orang tersebut melainkan hanya sekedar seperti ngomel2 atau sekedar bicara kepada diri sendiri dan seperti yang saya jelaskan diatas maksud kata "f*ck" yang inikan bukan bermaksud mengatakan singkatan tersebut melaikan seperti mengatakan "Sial" atau "brengs*k" dan namanya ketika sedang kesal sendiri kan terkadang kata2 kasar suka terlintas dilisan begitu saja...


Jadi ini hanya sekedar was was saja kan ya Pak Ustadz? Bukan adanya tuduhan yang aneh2 

Terimakasih Sebelumnya & semoga ustadz dan keluarga selalu diberikan kesehatan oleh Allah SWT selalu

Wassalamualaikum Wr.Wb

 



-- Hamba Allah (Tangerang Selatan)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Apa yang telah anda lakukan saat anda kesal dengan mengatakan dengan kata kata yang tidak baik, itu tentu sebuah kesalahan, meskipun tidak ada seorangpun yang mendengarkan ucapan anda tersebut, karena kita sebagai orang Islam hanya boleh berbicara dengan yang baik-baik saja, kalaupun tidak bisa, maka lebih baik diam.

Dan oleh karenanya, seyogyanya anda bertaubat kepada Allah dengan banyak beristighfar, semoga Allah berkenan untuk menghapus kesalahan anda dan berkenan untuk memberikan kemudahan kepada anda untuk melakukan yang baik2 dikemudian hari

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA