Berkata "kamu Adalah Orang Lain" Kepada Istri

Fiqih Muamalah, 8 Juli 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum Warahmahtullahi Wabarakatuh,

Berawal dari suatu perdebatan dengan istri, kemudian saya mulai merasa istri membandingkan dirinya dengan keluarga saya dikarenakan istri melontarkan kata kata: "siapa yang lebih menghabiskan uang kamu, saya atau keluarga kamu?!!" lalu saya menjelaskan bahwa tidak ada yang menghabiskan uang saya, tetapi istri masih belum bisa terima.

kemudian saya mulai menegaskan: "kamu harus tau, bahwa memilih keluarga atau kamu itu bukan pilihan, ini keluarga saya yang telah merawat saya dan membesarkan saya!!! , sementara kamu hanya orang lain!!!" lalu kami semua terdiam. ketika mengatakan hal tersebut tidak ada niatan apapun kecuali untuk mempertegas dan membuat istri terdiam supaya istri tersadar dan berfikir untuk tidak membandingkan hal itu lagi.

apakah ada konsekuensi atau efek pada status pernikahan saya, karena kata kata yang saya lontarkan tersebut? mohon jawabannya serta nasehatnya terima kasih

Wassalamualaikum Warahmahtullahi Wabarakatuh.



-- Abdul Hamid (Tangerang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalam wrwb.

Apa yang terjadi antara anda dan istri dan apa yang anda telah anda sampaikan kepada istri dengan ucapan anda: "kamu harus tau, bahwa memilih keluarga atau kamu itu bukan pilihan, ini keluarga saya yang telah merawat saya dan membesarkan saya!!! , sementara kamu hanya orang lain!!!, sama sekali tidak ada konskwensi hukumnya.

Yang karenanya, anda juga perlu sampaikan kepada istri, dan kalau diperlukan tidak ada salahnya kalau anda meminta maaf, kalau istri anda merasa tersinggung dengan ucapan anda tersebut.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudfahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikium wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA