Apakah Sudah Jatuh Talak?

Pernikahan & Keluarga, 1 Agustus 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum. Mohon bertanya. Saya sedang bertengkar dengan suami. Ia melakukan chatting dengan banyak sekali perempuan di aplikasi dating online dan mengaku bujangan. Saya marah karena menurut saya itu sebuah perselingkuhan meskipun tidak secara fisik. Memang suami tidak pernah pergi dengan perempuan lain, hanya chatting dengan perempuan di media sosial. Tapi saya kecewa, karena suami juga posisi tidak bekerja dan tidak menafkahi saya serta anak saya.

Meninggalkan hutang juga, lalu masih tega berselingkuh. Begitu saya ajak ngobrol ia marah, saya adukan ke mertua justru mertua membela suami. Kamipun pisah ranjang selama 3 bulan. Yang akhirnya saya dijemput orang tua saya, dan suami serta mertua menyuruh saya untuk pulang kerumah dulu agar menjernihkan pikiran masing2.

Tapi setelah saya pulang kerumah orang tua saya, terakhir kali suami menghubungi saya hanya untuk minta pisah. Kini saya sudah pisah rumah selama 3 bulan. Dia tidak pernah menanyakan anaknya, dan tidak memberi nafkah juga.

Sekarang bagaimana status kami? Apakah sudah jatuh talak 1? Apakah masih bisa sama sama kembali bersatu lagi? Terimakasih

 



-- Dinny Pramesti Putri (Bogor )

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

“Tapi setelah saya pulang kerumah orang tua saya, terakhir kali suami menghubungi saya hanya untuk minta pisah.”. Sengaja kami kutib ulang kalimat yang anda sampaikan diatas. Karena kalimat itulah yang akan menjadi titik tolak untuk memperjelas status anda.

Apa yang anda maksud dengan suami anda minta pisah. Apakah dia bermaksud untuk meminta pendapat anda perihal keinginannya untuk berpisah? Ataukah dia bermaksud dengan kalimat itu menjatuhkan talak kepada anda. Anda yang paling faham maksudnya,karena anda yang mengalaminya langsung.

Talak itu hak suami. Jika dia meminta pendapat anda, lalu anda berpendapat tidak perlu talak/bercerai. Maka belum jatuh talak. tapi jika dia bermaksud dengan “meminta pisah” adalah talak. Maka jatuhlah talak satu. Anda dan suami masih diperbolehkan rujuk dan menikah lagi dengan suami anda.  wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc