Pasca Suami Selingkuh

Pernikahan & Keluarga, 15 Agustus 2022

Pertanyaan:

assalamualaikum warahmatullahi wabarokatu ustadz suami saya selingkuh tapi sudah mengaku salah dan berjanji tidak akan mengulangi lagi saya mencoba memaafkan mempertahankan rumah tangga demi orang tua dan anak-anak

sudah 3 tahun berlalu masih tidak bisa melupakan kesalahan suami sulit untuk menghormati dan melayani suami seperti dulu lagi

apakah saya tidak bisa masuk surga?

jazakallah ustadz

 

 



-- Dian (Sidoarjo )

Jawaban:

wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Luka batin itu yang bisa menyembuhkan adalah dirinya sendiri. Bukan orang lain. Selama dia belum berdamai dengan luka hatinya, maka dia akan terus merasakan rasa rasa sakit itu. Ada beberapa saran yang bisa dicoba untuk menghilangkan rasa sakit hati itu, antara lain:

  1. Kesalahan itu bisa menimpa siapa saja. Selingkuh juga bisa dilakukan siapa saja. Suami anda pernah berbuat salah, andapun sangat mungkin berbuat salah. Suami anda berbuat salah, andapun bisa terjerumus. Karena semua orang bisa berbuat salah, maka wajar saja orang bebuat salah. Yang tidak wajar itu jika itu disengaja dan tidak bertaubat serta menyadari kesalahannya. Rasulullah saw bersabda:

كُلُّ ابْنِ آدَمَ خَطَّاءٌ وَخَيْرُ الْخَطَّائِينَ التَّوَّابُونَ

“Seluruh anak Adam berdosa, dan sebaik-baik orang yang berdosa adalah yang bertaubat” (HR Ibnu Maajah)

Jika dia sudah bertaubat, menyesali dan berjanji untuk tidak mengulang lagi. Maka dia sudah bersih dari kesalahan itu. Jika sudah bersih, kenapa kita tidak bisa memaafkannya?

  1. Lakukan evaluasi. Evaluasi yang pertama yaitu pada evaluasi hubungan anda dengan Allah swt. Barangkali ada kesalahan yang anda lakukan kepada Allah, ada ibadah yang anda tinggalkan atau ada kemaksiatan yang yang pernah anda lakukan. Sehingga selingkuhnya suami anda bisa jadi merupakan teguran Allah swt. Dengan demikian anda tidak selalu menunjuk kesalahan itu pada suami anda, tapi juga kepada diri anda sendiri.

Perbaikilah hubungan anda dengan Allah swt. Semoga Allah swt memperbaiki sikap suami anda, dan semoga Allah mengembalikan perasaan anda kepada suami.

Evaluasi kedua yang harus anda lakukan adalah evaluasi hubungan dan sikap anda kepada suami anda. Semua laki-laki berpotensi untuk terjerumus pada perselingkuhan. Potensi itu semakin kecil jika dia mendapati apa yang dia butuhkan ada pada isterinya.

Wanita yang baik adalah wanita yang jika dipandang suaminya, dia menyenangkan. Jika diperintah, dia taat. Dan dia pandai menjaga harta suaminya. Pandai mengelola harta suaminya. Rasulullah saw bersabda:

قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ قَالَ الَّتِي تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ وَلَا تُخَالِفُهُ فِيمَا يَكْرَهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ditanya; “Wahai Rasulullah, wanita yang bagaimana yang paling baik?” maka Beliau menjawab: “Wanita yang menyenangkan hati jika dilihat (suami), taat jika diperintah dan tidak menyelisihi pada sesuatu yang ia benci terjadi pada dirinya (istri) dan harta suaminya.” (HR. Ahmad)



-- Amin Syukroni, Lc