Hukum Tenaga Dari Makanan Curian

Makanan & Sembelihan, 3 September 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustadz, izin bertanya mengenai hukum makanan haram. Jikalau kita memakan makanan haram hasil curian, kemudian kita mendapat tenaga dari makanan tersebut, lalu kita gunakan untuk bekerja (misalnya berjualan, dan lain-lain). Apakah hasilnya akan menjadi haram karena kita mendapatkan tenaga dari makanan hasil curian tersebut?

Mohon bantuannya ustadz, terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.



-- Brama Al Jabbaar (Kab. Lebak)

Jawaban:

Was'alaikumussalaam wrwb.

Benar, menkonsumsi makanan yang jelas haramnya adalah perbuatan dosa besar, yang akan berpotensi tertolaknya upaya baiknya, bahkan doa sebagai inti ibadah itu bisa tertolak karena memakan makanan yang haram

Maka, agar Allah berkenan untuk mengampuni dosa kita dan karenanya usaha usaha berikut akan menghasilkan kebaikan dan pahala, maka seyogyanya kita bersegera untuk bertaubat kepada Allah dengan sesungguhnya taubat, Parab Ulama kita telah menjelaskan bahwa taubat itu ada syarat syarat yang harus terpenuhi:
1. Meninggalkan perilaku dosa tersebut
2. Menyesali perbuatan dosa yang telah dilakukan
3. Berniat tidak akan mengulanginya kembali
4. Memastikan bahwa niat kita hanya karena Allah

5. Sesegera mungkin bertaubat dan tidak menunda nunda

6. Membebaskan diri dari hak manusia yang diezalimi dengan cara mengembalikan harta tersebut (jika terkait harta) dan meminta maaf atau minta dhalalkan kepada orang yang dizalimi.

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan kemudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA