Tidak Dimaafkan Orang Yang Di Ghibahi

Lain-lain, 5 September 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, semoga ustadz dan keluarga selalu sehat diberi Rahmat Allah.

Ustadz saya izin bertanya. Saya pernah dengar bahwa ghibah tidak diampuni dosanya sebelum dimaafkan oleh orang yang di ghibahi. Lalu, bagaimana jika ada orang yang telah ghibah, lalu meminta maaf kepada orang yang di ghibahi, tetapi tidak dimaafkan, apakah dosanya diampuni? Atau kah dosanya masih belum diampuni?

Sekian pertanyaan saya ustadz, maaf jika ada salah kata. Wassalamu'alaikum 



-- Nufail (Bekasi)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Dosa dan kesalahan itu bisa terjadi karena melanggar hak Allah, seperti meninggalkan shalat, tidak puasa wajib dan lain-lain, dan bisa terjadi karena melanggar hak sesama manusia, seperti mengambil milik orang lain, memukul dan lain-lain, termasuk ghibah atau menggunjing.

Untuk membersihkan dosa bisa dilakukann dengan taubat. Jika kesalahan dan dosa terkait dengan hak Allah, maka syaratnya ada tiga:

  1. Menyesali perbuatan dosa yang pernah dilakukan.
  2. Melepaskan diri dan menjauhi dosa itu serta meninggalkannya.
  3. Bertekad untuk tidak mengulaginya kembali.

Jika kesalahan dan dosa terkait dengan hak sesama manusia maka syarat empat, tiga yang sudah disebutkan ditambah dengan meminta dihalalkan dan dimaafkan kepada yang didholimi itu. Jika kesalahan pada barang, maka barangnya diganti atau diminta dihalalkan, jika perpuatan salah itu bisa diqishas maka diberikan kesempatan untuk mengqishas, jika terkait dengan harga diri dan kehormatan maka dimemintakan maaf.

Jika orang itu tidak mau memaafkan, padahal sudah memintanya dengan sungguh-sungguh maka urusan selanjutnya diserahkan kepada Allah swt. Bisa jadi Allah gerakkan hati orang itu utuk memaafkan anda dikemudian hari tanpa anda ketahui. Jika dia tetap tidak memaafkan. Biarlah Allah memberi solusinya di akhirat nanti. Allah maha adil kepada hamba-hambanya. Wallahu ‘lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc