Syarat Syahadat

Lain-lain, 8 September 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz, semoga ustadz dan dan keluarga diberi Rahmat Allah .

Ustadz, saya pernah dengar bahwa ada 7 syarat syahadat. Nah, apakah cukup jika kita hanya mengetahui isi syahadat dan meyakini nya, atau kita harus memenuhi 7 syarat tersebut? Sekian pertanyaan saya ustadz, mohon maaf jika ada salah kata. Wassalamu'alaikum 



-- Nufail (Bekasi)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Kalimat syahadat yaitu : لا إله إلا الله (tidak ada tuhan selain Allah) memiliki keutamaan-keutamaan dan manfaat bagi yang mengucapkannya, diantaranya adalah masuk surga bagi yang mengucapkannya. Rasulullah saw bersabda:

                                       من قال لا إله إلا اللهُ دخل الجنَّةَ                                                 

barangsiapa yang mengatakan Laa ilaaha illallah pasti masuk surga

Untuk mendapatkan keutamaan-keutamaan laa ila illah maka ada syarat yang harus terpenuhi. Para ulama menyimpulkan ada tujuh syarat yang harus dipenuhi agar orang yang mengucapkannya mendapatkan keutamaannya yaitu:

  1. 'Ilmu, yang menafikan jahl (kebodohan).
  2. Yaqin (yakin), yang menafikan syak (keraguan).
  3. Qabul (menerima), yang menafikan radd (penolakan).
  4. Inqiyad (patuh), yang menafikan tark (meninggalkan).
  5. Ikhlash, yang menafikan syirik.
  6. Shidq (jujur), yang menafikan kadzib (dusta).

Barang siapa ingin mendapatkan keutamaan kalimat syahadat maka harus memenuhi syarat-syarat tersebut. Mereka yang tidak memenuhinya, tidak akan mendapatkan keutamaannya. Sebagaimana riwayat yang dibawakan Syaikh Abdurrazaq, bahwa Al Hasan Al Bashri rahimahullah, ketika ia ditanya: “orang-orang mengatakan bahwa barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallah pasti akan masuk surga”. Al Hasan berkata:

من قال « لا إله إلا الله » فأدَّى حقها وفرضها دخل الجنة

“barangsiapa yang mengucapkan Laa ilaaha illallah, lalu menunaikan hak dan kewajibannya (konsekuensinya), pasti akan masuk surga“.

Karena itu berusahalah terus  ‘menyempurnakan syarat kalimat syahat ,agar anda mendapatkan keutamaanya. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc