Pertanyaan Tentang Nazar

Lain-lain, 8 September 2022

Pertanyaan:

Assalamualaikum ustadz saya mau bertanya,dulu saya pernah merokok sebelum punya anak,dan saya pernah bernazar untuk brhenti merokok jika saya hamil, kemudian setelah saya hamil dan melahirkan dan sekarang umur anak saya sudah 4th,saya kembali merokok lagi,dan skrg saya mengalami sakit ada benjolan dipayudara saya sudah di operasi dan kata dokter ini infeksi bakteri,apakah saya trmasuk melanggar nazar saya ustadz,dan apa yg harus saya lakukan untuk menebus kesalahan saya ini,mohon penjelasannya ustadz terimakasih

 



-- Amelda Delita Ningsih (Bogor)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Nazar adalah janji untuk melakukan sesuatu atau meninggalkan sesuatu baik maupun buruk. Karena dia adalah janji maka wajib untuk ditunaikan, jika pelakunya melanggar nazarnya maka dia wajib membayar salah satu dari kafaratnya yaitu: memberi makan sepuluh orang miskin dari makanan yang biasa dia makan, atau memberi pakaian kepada mereka atau membebaskan budak. Allah swt berfirman:

لَا يُؤَاخِذُكُمُ اللّٰهُ بِاللَّغْوِ فِيْٓ اَيْمَانِكُمْ وَلٰكِنْ يُّؤَاخِذُكُمْ بِمَا عَقَّدْتُّمُ الْاَيْمَانَۚ فَكَفَّارَتُهٗٓ اِطْعَامُ عَشَرَةِ مَسٰكِيْنَ مِنْ اَوْسَطِ مَا تُطْعِمُوْنَ اَهْلِيْكُمْ اَوْ كِسْوَتُهُمْ اَوْ تَحْرِيْرُ رَقَبَةٍ ۗفَمَنْ لَّمْ يَجِدْ فَصِيَامُ ثَلٰثَةِ اَيَّامٍ ۗذٰلِكَ كَفَّارَةُ اَيْمَانِكُمْ اِذَا حَلَفْتُمْ ۗوَاحْفَظُوْٓا اَيْمَانَكُمْ ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ

Allah tidak menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpahmu yang tidak disengaja (untuk bersumpah), tetapi Dia menghukum kamu disebabkan sumpah-sumpah yang kamu sengaja, maka kafaratnya (denda pelanggaran sumpah) ialah memberi makan sepuluh orang miskin, yaitu dari makanan yang biasa kamu berikan kepada keluargamu, atau memberi mereka pakaian atau memerdekakan seorang hamba sahaya. Barangsiapa tidak mampu melakukannya, maka (kafaratnya) berpuasalah tiga hari. Itulah kafarat sumpah-sumpahmu apabila kamu bersumpah. Dan jagalah sumpahmu. Demikianlah Allah menerangkan hukum-hukum-Nya kepadamu agar kamu bersyukur (kepada-Nya). (QS. Al Maidah:89)

Karena anda sudah bernazar untuk berhenti merokok jika hamil, maka sejak anda hamil harus menunaikan nazar itu, yaitu berhenti merokok. Jika anda setelah itu merokok kembali, maka anda melanggar nazar, karena itu anda harus membayar denda kafaratnya yang paling mudah dan sanggup anda tunaikan. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc