Hukum Talak Sah Atau Tidak

Lain-lain, 11 September 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum ustad.. Saya mau bertanya
Apakah talak yang dijatuhkan seorang suami kepada istrinya itu sah jika suami berkata *Seandainya saya punya istri seperti itu sudah aku ceraikan* . 
Suami berkata seperti itu kepada istrinya..
Dan sang suami tidak sengaja berkata karna dia jengkel sama saudaranya yang berlaku semena-mena kepada suaminya. 
Mohon penjelasan nya ustad terimakasih. 
Wassalamualaikum.. 🙏
 


-- Nia (Kudus)

Jawaban:

Wa alaikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Kata “seandainya” itu adalah kata untuk mengungkapkan sesuatu yang belum terjadi dan sangat mengkin terjadi. Sesuatu yang masih diandaikan berarti belum terjadi. Karena belum terjadi maka kalimat itu belum tentu berdampak hukum.

Ketika ada seorang suami berkata:”andaikan isteriku seperti dia kelakuannya pasti aku akan talak dia.” apakah dengan perkataan seperti itu isterinya tertalak?. Belum tertalak hanya deng an ungkapan tersebut. Karena kalimat yang dikatan bukan kalimat talak.

Kalimat talak itu ada dua :

  1. Kalimat sharih atau tegas dan jelas,siapapun yang mendengarnya akan memahami bahwa itu talak, contoh: ”kamu saya talak !, ”kamu saya cerai ,”dan sebagainya.
  2. Kalimat kinayah,atau sindiran. Yaitu kalimat yang bisa dipahami talak dan bisa pula tidak. Contoh:” pulang saja ke rumah ibumu!” Kalimat seperti itu memerlukan klarifikasi dari niat orang yang mengucapkannya. Jika niatnya talak maka jatuh talak, jika tidak, maka tidak jatuh talak.

Pada kasus yang ditanyakan tidak terdapat kalimat talak, karena itu tidak jatuh talak. wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc