Taubat

Lain-lain, 28 September 2022

Pertanyaan:

Assalamu'alaikum, Apakah menghina allah dosa nya dapat diampuni, kalau dapat bagaimana cara taubat nya, saya lahir dengan agama islam tapi saya pernah menghina allah dengan suara lantang ( hanya terdengar oleh tidak orang lain yang mendengar nya) hanya karena masalah sepele, apakah masih bisa bertaubat dan ampuni dosa saya, dan jika menghina adalah termasuk orang yang murtad, apakah masih bisa masuk islam hanya dengan menghafal kan syahadat (tanpa harus bersalaman dengan ustad), dan hanya mengucapkan syahadat kepada diri sendiri tanpa seorang ustad­čą║



-- In Sya Allah Hamba Allah (Riau)

Jawaban:

Wa alikum salam warahmatullahi wabarakatuhu.

Allah akan mengamouni segala dosa kepadaNya. besar maupun kecil akan diampuni jika pelaku dosa itu mau meminta ampun (istighfar) dan kembali kepadaNya (bertaubat).  Ada syarat agar dosa kepada Allah diampuni. Imam Nawawi dalam kitab Riyadhussholihin menyampaikan bahwa syarat diterima taubat itu ada tiga:

  1. Melepaskan dari kemaksiatan yang dilakukan. Seperti seseorang melepas pakain dari badannya. Meninggalkan kesalahan itu dan tidak kembali mengulanginya. Tinggalkan sikap menghina Allah swt. Jangan anda ulangi perbuatan itu.
  2. Menyesali perbuatannya. Ada harus menyesal telah berbuat dosa kepada Allah. Anda menyesal telah menghina Allah
  3. Bertekad untuk tidak mengulangi perbuatan dosanya. Tancapkan tekad kuat dalam hati untuk tidak akan melakukan lagi. Dalam taubat tidak boleh main-main.

Demikian yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat. Wallahu a’lam bishowab. (as)



-- Amin Syukroni, Lc