Tanah Sepetak Peninggalan Ayah

Waris, 14 Oktober 2022

Pertanyaan:

Bismillah. izin bertanya ustadz.. ayah kami udah meninggal tahun 2006. dan meninggalkan sepetak tanah,dan rumah diatas nya. saat ayah meninggal, ibu menjual rumah kemudian di belikan kembali tanah dan dibangun rumah. sekarang ibu ingin menjual rumah dan membagikan nya. pertanyaannya,

1.apakah tanah sepetak dan rumah itu (harga jual 150 juta) adalah termasuk warisan yg harus di bagikan? 

2. bolehkah ibu ingin membagikan sama rata utk anak nya (1 laki dan 3 perempuan), dan bagian ibu lebih besar dgn tujuan ibu ingin beli rumah yg lebih kecil untuk masa tuanya agar tidak memberatkan anaknya.

jazakallah ustadz



-- Rizma Susanti (Perawang)

Jawaban:

Wa'alaikumussalaam wrwb.

Karena tanah dan bangunan rumah yang sekarang ditinggali tersebut berasal dari harta almarhum bapak anda yang telah mninggal, maka berarti itu adalah harta warisan almarhum yang harus dibagi kepada ahli warisnya, yaitiu ibu ke-empat anaknya

Dan pembagian harta warisan dalam Islam itu telah dijelaskan secara rinci dalam Al Qur'an (QS. 4:7-14) yang haram untuk dirubah, meskipun berdasarkan kesepakan bersama.

Adapun pembagian warisan dalam keluarga anda, berdasarkan data yang anda sebutkan adalah sebaghai berikut :

~ Ibu (istri ayah)  = 1/8

~ 4 Anak (1 laki-laki + 3 perempuan) = sisa warisan, yaitu 7/8 dengan cara pembagian 2:1 (anak laki-laki mendapatkan 2 bagian, dan anak perempauan mendapatkan 1 bagian)

Demikian, semoga Allah berkenan untuk memberikan krmudahan, taufiq dan ridho-Nya

Wallahu a'lam bishshawaab

Wassalaamu 'alaikum wrwb.



-- Agung Cahyadi, MA